Rabu 30 Dec 2015 23:36 WIB

Begini Cara Menghindari Sakit saat Berlibur

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Liburan bersama keluarga (Ilustrasi)
Foto: The Guardian
Liburan bersama keluarga (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dr Josh Axe, M.D., pengarang beberapa buku dan mantan dokter untuk atlit U.S. Olympic seperti Ryan Lochte mengatakan Anda tidak perlu buru-buru membatalkan perjalanan Anda ke pantai atau ke Eropa. Karena Axe memiliki solusi cerdas menghindari sakit saat berlibur seperti dilansir dari laman yahoohealth, Selasa (29/12).

Sepekan Sebelum Berangkat

Axe mendorong setiap individu membawa 2.000 milligrams Vitamin C setiap hari untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini sama baiknya dengan Anda ngemil makanan yang mengandung probiotik tinggi yang terdapat bakteri baik didalamnya.

Probiotik bisa ditemukan dalam yogurt, teh Kombucha, sup miso, Kefir, kol yang difermentasi (seperti sauerkraut dan

Kimchi) dan tempe. Untuk seseorang yang mungkin sulit menelan suplemen, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, cabai merah, kale, stroberi, brokoli, kiwi dan jambu. Jangan lupa anda juga harus cukup tidur.

(Baca sebelumnya: Sakit saat Liburan karena Berhenti Bekerja?" href="http://republika.co.id/berita/gaya-hidup/travelling/15/12/30/o064rb349-benarkah-sakit-saat-liburan-karena-berhenti-bekerja" target="_blank">Benarkah Sakit saat Liburan karena Berhenti Bekerja?)

Apa yang harus dikemas

Ini sangat penting untuk melanjutkan rutinitas Anda mengonsumsi vitamin C selama perjalanan. Bawalah vitamin C dalam tas Anda. Axe mengatakan ini pada kliennya untuk membawa ekstrak buah berry (itu mengandung antioksidan tinggi dan bisa mengurangi gejala pilek) dan minyak essensial seperti Frankincense dan Oregano untuk antiseptik dan antibakteri. Minyak tersebut bisa Anda gosokknya ke tubuh.

Terakhir, Zinc lozenges juga mudah di kemas dan membantu mendorong sistem kekebalan tubuh. Axe mengatakan seng bekerja baik ketika ada tanda-tanda awal sakit.

Anda sakit

Jika Anda membaca ini sambil tidur dirumah, matikan air-conditioner (AC) rumah atau apartemen sekarang sampai paling tidak 30 menit. Matahari langsung juga membantu hati memproduksi Vitamin D3, yang mampu meningkatkan kesehatan tulang dan memungkinkan tubuh membangun stok antimicroba peptida, yang memerangi berbagai infeksi. 

“Matahari adalah satu cara yang terbaik untuk mencegah pilek dan sangat penting untuk menendang pilek,” saran Axe.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement