Rabu 30 Dec 2015 13:00 WIB

Turnamen PT Liga Siap Diputar Maret 2016

Red: operator

REPUBLIKA.CO.IDTurnamen PT Liga Siap Diputar Maret 2016

BOPI memberi lampu hijau pada PT Liga untuk melaksanakan turnamen secara independen.

MAKASSAR — Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) memberikan restu terkait rencana pelaksanaan turnamen sepak bola jangka panjang yang digagas PT Liga Indonesia pada Maret 2016."Dari dulu kami selalu berupaya agar ada kompetisi dijalankan. Kalau ada turnamen seperti ini, BOPI pasti memberikan restu," kata Ketua BOPI Noor Aman di Makassar, Senin (28/12) malam.

Dirinya memang telah mendukung turnamen yang digagas oleh PT Liga secara independen. Namun, dirinya juga menekankan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebagai klub profesional yang berhak mengikuti turnamen. "Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi itu seperti unsur legalitas klub, keuangan, serta transparansi dan verifikasi," ujarnya.

Turnamen yang bakal diikuti oleh 18 klub tertinggi di Indonesia ini akan digelar pada Maret hingga akhir tahun 2016. Turnamen ini juga sempat diragukan apalagi belum adanya konfirmasi izin BOPI. Namun, kini sudah ada kejelasan bisa dijalankan asalkan memenuhi syarat yang diajukan oleh badan independen tersebut.

"BOPI selalu mendukung turnamen ataupun kompetisi yang bergulir. Asalkan sesuai standar profesional yang ada. Intinya kita dukung jika sudah memenuhi persyaratan," katanya.

Direktur Klub PSM Sumirlan mengaku merasa lega karena BOPI sudah merestui turnamen ini, sehingga tinggal menunggu perkembangan ke depan. Pihaknya juga yakin PT Liga segera mengirim surat ke BOPI untuk diberikan izin dalam menjalankan turnamen.

Manajemen PSM Makasar juga sejak awal meminta kejelasan soal turnamen yang merupakan pengganti kompetisi Liga Super Indonesia (ISL). ISL hingga kini tak bisa berputar karena masih terkendala sanksi FIFA. "Turnamen ini memang harus jelas karena dilakukan home-away yang tentunya kebutuhan klub harus diketahui. Nanti tanggal 15 Januari baru ada pertemuan, klub, dan PT Liga," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur PT Liga Indonesia Joko Driyono mengatakan turnamen atau kompetisi tidak resmi ini sebagai tanggapan dari pembekuan PSSI oleh FIFA yang belum dicabut.

Joko menjelaskan setelah menyelesaikan tahap akhir maka selanjutnya menggelar rapat bersama seluruh klub. Ini untuk membahas lebih jauh tentang rencana pelaksanaan turnamen tersebut.

"Sampai akhir tahun per pekan pertama Januari 2016 merupakan finalisasi tahap akhir perencanaan. Turnamen jangka panjang ini sebagai pengganti kompetisi yang belum bisa digelar," katanya.

Sebelum mempersiapkan turnamen jangka panjang, kini sejumlah klub sedang disibukkan pada agenda di Piala Jenderal Sudirman. Tinggal empat klub yang tersisa pada turnamen yang digagas TNI, salah satunya Arema Cronus.

Arema telah kembali menjalani latihan pada Senin (28/12) sore sebagai persiapan laga semifinal Piala Jenderal Sudirman. Arema akan menghadapi Mitra Kukar di Stadion Madya Aji Imbut, Tenggarong, pada leg pertama yang akan berlangsung Sabtu (9/1).

Asisten pelatih Arema Cronus I Made Pasek Wijaya mengatakan, latihan perdana ini tak begitu berat. "Latihan lebih pada pemulihan kondisi setelah libur," kata dia dikutip dari laman resmi Arema, Selasa (29/12).

Soal kondisi pemain, Made Pasek percaya bahwa selama liburan pemain juga memiliki kedisiplinan untuk menjaga kondisi. "Kami percaya," kata dia. Arema akan menjadi tuan rumah leg kedua sepekan setelah bertarung di Tenggarong. Ini karena Singo Edan menjadi juara grup pada babak delapan besar.n ed: abdullah sammy 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement