Selasa 29 Dec 2015 14:04 WIB

Jogging Dapat Mempertajam Pikiran

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
jogging
Foto: corbis.com
jogging

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sebuah penelitian mengatakan, jogging atau latihan apapun dapat mempertajam pikiran.  Sel-sel baru diproduksi di otak saat jogging dapat membantu  dalam meningkatkan memori.

Generasi sel-sel baru di otak dari dewasa hingga dikenal sebagai neurogenesis. Ketika penelitian tersebut dilakukan pada tikus, para ilmuwan mengamati sesuatu yang menarik. Tikus tersebut dapat berlari secara teratur dan mengembangkan  neuron baru.

Tikus tersebut juga memiliki pikiran yang lebih tajam dilihat dari kemampuan mereka melihat keadaan sekitar mereka. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan jogging dapat menumbuhkan neorogenesis yang berefek positif pada otak.

Otak bekerja melalui pemisahan pola ketika menganalisis keadaan sekitarnya. Misalnya, ketika sedang bermain catur, bila ingin menjadi pemenang, pemain perlu mengingat bentuk dan pola setiap bidak catur serta bagaimana dan ke mana harus digerakan.

Penelitian ini juga menunjukan bahwa latihan dan berolahraga secara rutin juga dapat membuat hewan berkembang dan bertahan hidup lebih baik. Jika diterapkan pada manusia, olahraga teratur dapat membuat orang lebih aktif, cepat dan mempertajam pikiran. (Baca: Mau Turunkan Berat Badan? Ingat Pola Waktu Makan Ini!)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement