Senin 28 Dec 2015 20:55 WIB

Kemenpora Terima Kritikan Maskot Asian Games 2018

Logo Asian Games
Foto: REPUBLIKA FOTO/Wihdan Hidayat
Logo Asian Games

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pemuda dan Olahraga secara terbuka menerima kritik dan saran dari masyarakat Indonesia mengenai maskot 'Drawa' yang berbentuk burung cendrawasih menggunakan pakaian silat.

"Kami terbuka menerima saran apa pun agar maskot Asian Games 2018 menjadi lebih hidup dan menarik dilihat," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi saat Refleksi Akhir 2015 di Jakarta, Senin (28/12).

Dia mengatakan maskot Drawa masih banyak menuai kritik dari para seniman karena dianggap kurang menarik dan kurang hidup. Ia mengatakan Kemenpora akan memperbaiki lagi, mungkin dari segi warnanya, atau bentuknya agar maskot ini lebih hidup.

Kemenpora akan kembali mengadakan sayembara terkait perbaikan dan masukan untuk maskot Drawa tersebut pada Januari 2016.

Menurut Imam, maskot ini masih bisa diperbaiki karena belum didaftarkan kepada Olympic Council of Asia (OCA), sementara itu logo Asian Games yang juga menggunakan burung cendrawasih sebagai bentuk dasarnya sudah didaftarkan ke OCA.

"Kalau logo sudah resmi, kami telah memberikan beberapa opsi mereka dan mereka memilih logo ini. Menurut mereka, logo ini sangat unik dan menarik," kata dia.

Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan logo dan maskot Asian Games 2018 pada Ahad (27/12).

"Cendrawasih burung yang indah dan sering disebut sebagai paradise bird. Maskotnya garang, tapi nanti medalinya jangan jarang," kata Wapres Kalla dalam peluncuran logo dan maskot Asian Games 2018 di Pintu Timur Senayan.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Wakil Ketua KOI Muddai Madang, dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

Wapres berharap pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta, Palembang, Jawa Barat, dan Banten pada 18 Agustus - 2 September 2018 dapat berlangsung dengan lancar dan dapat menorehkan prestasi dengan masuk peringkat sepuluh besar.

Selain itu, pelaksanaan Asian Games disebut oleh Wapres Jusuf Kalla sebagai sebuah langkah dari rangkaian langkah yang perlu dijalankan bersama-sama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement