Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Pencinta Kopi Harus Datang ke Festival Ini

Jumat 25 Dec 2015 18:28 WIB

Red: Esthi Maharani

  Pekerja memanen kopi varietas Robusta di Desa Muneng, Candiroto, Temanggung, Jateng, Rabu (17/7).

Pekerja memanen kopi varietas Robusta di Desa Muneng, Candiroto, Temanggung, Jateng, Rabu (17/7).

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menggelar Festival Kopi Temanggung 2015. Festival kopi yang berlangsung pada 25-27 Desember 2015 tersebut bukan hanya memamerkan produk kopi, tetapi juga ada sarasehan, pelatihan bisnis online, pelatihan prosesing kopi, dan pameran foto.

Acara tersebut diprakarsai oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Cabang Temanggung. Festival Kopi Temanggung yang diikuti 25 UMKM pengolah kopi tersebut dibuka oleh Bupati Temanggung Bambang Sukarno di Pendopo Pengayoman Temanggung, Jumat (25/12).

Ketua Hipmi Temanggung Hendri Wicaksono mengatakan potensi kopi di Temanggung luar biasa, baik kopi robusta maupun arabica.

"Selama ini sebagian kopi Temanggung sudah diekspor, namun potensi tersebut justru belum banyak dikenal oleh masyarakat Temanggung sendiri," katanya.

Melalui festival kopi, ia ingin mengangkat nama kopi Temanggung agar nantinya bisa menjadi oleh-oleh khas Temanggung. Ia menuturkan banyak UMKM yang memproduksi kopi dengan merek dagang masing-masing dan belum bisa mengangkat nama kopi Temanggung itu sendiri.

"Belum bisa seperti kopi Bali, meskipun menggunakan bermacam merek, mereka tetap menyebut kopi Bali baru ada nama merek di bawahnya. Kami inginnya seperti itu, orang ke sini mencari kopi Temanggung," katanya.

Bupati Temanggung, Bambang Sukarno mengatakan Temanggung merupakan daerah penghasil kopi terbesar di Jawa Tengah.

"Melalui festival ini kami berharap nama kopi Temanggung semakin mendunia," katanya.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA