Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Puncak Arus Balik Diperkirakan pada 2 Januari

Jumat 25 Dec 2015 16:51 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Antrean panjang kendaraan bermotor di Jalan Raya Cipacing, Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jabar, Ahad (4/9). Arus balik kendaraan para pemudik mencapai puncaknya pada Ahad.

Antrean panjang kendaraan bermotor di Jalan Raya Cipacing, Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jabar, Ahad (4/9). Arus balik kendaraan para pemudik mencapai puncaknya pada Ahad.

Foto: Republika/Aditya Pradana Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyelenggara jasa tol PT. Jasamarga mengantisipasi kenaikan intensitas kendaaraan bermotor saat arus balik liburan Natal dan Tahun Baru, yang puncaknya diperkirakan pada 2 Januari 2016.

"Kami sudah bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan untuk melakukan rekayasa lalu lintas seperti "contra flow", buka tutup tempat peristirahatan di lokasi rawan macet, prioritas pembukaan lajur. Hal-hal itu akan ditingkatkan pada arus balik nanti," kata Kepala Hubungan Masyarakat PT. Jasamarga Wasta Gunadi saat dihubungi di Jakarta, Jumat (25/12).

Menurut Wasta, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya dan Kepolisian Resor setempat seperti Polres Bogor, Polres Karawang, dan pengelola tempat istirahat tol untuk memitigasi peningkatan intensitas kepadatan lalu lintas saat arus balik nanti.

Misalnya untuk salah satu ruas tol padat, seperti Tol Cikampek, Wasta memperkirakan puncak arus balik bisa terjadi pada 2 hingga 3 Januari 2015. Wasta belum dapat mengungkapkan perkiraan jumlah kendaraan yang akan melintas Tol Cikampek pada arus balik nanti. Namun, sebagai gambaran, kata dia, hingga Rabu (23/12) kemarin, jumlah kendaraan sudah meningkat 11 persen dibanding hari biasa.

"Saat Rabu, jumlah kendaraan yang masuk Tol Cikarang sampai 104 ribu. Jika hari biasa, jumlah kendaraan yang melintas sekitar 76 ribu," katanya.

Rekayasa buka tutup tempat peristirahatan biasanya akan dilakukan di kilometer (KM) 19, Km 33, dan Km 39 arah Cikampek. Pasalnya, berdasarkan pantauan sejak Rabu malam kemarin, kepadatan lalu lintas terjadi karena arus masuk keluar kendaraan di tempat peristirahatan itu.

Berdasarkan informasi Jasamarga, pada Jumat siang, lalu lintas menjelang Kilometer 51 arah Cikampek terpantau padat, namun dengan intensitas yang berkurang dibanding Rabu dan Kamis kemarin. Sebaliknya dari Cikampek menuju Cawang terpantau lancar.

Sementara dari ruas tol lainnya, Kepolisian memberlakukan satu arah prioritas turun dari arah Puncak pada pukul 14.30 WIB Jumat ini. Sedangkan dari arah Tol Cawang ke Cengkareng melewati Tomang, Pluit terpantau lancar pada Jumat siang ini. Begitu juga lalu lintas Tol Purbaleunyi, dari daerah menuju Cileunyi lancar.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA