Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Pelindo Tingkatkan Pengamanan Kapal di Selat Malaka

Selasa 22 Dec 2015 23:30 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Truk angkutan barang menunggu antre masuk ke kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten.  (ilustrasi)

Truk angkutan barang menunggu antre masuk ke kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten. (ilustrasi)

Foto: Republika/Wihdan Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- PT Pelindo 1 meningkatkan pengamanan kapal-kapal barang dalam melayani Angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 di sekitar perairan Selat Malaka atau yang berada pada wilayah Kepulauan Riau. "Seluruh kapal yang datang dari negara tetangga Singapura itu, ketika memasuki wilayah Pelindo 1 akan digiring melalui kapal tunda atau tug boat," kata Senior Manajer Pelayanan Kapal dan Barang PT Pelindo 1 Eddy di Medan, Selasa (22/12).

Pelindo 1 dia mengatakan tidak akan pernah membiarkan kapal yang memasuki wilayah perairan Selat Malaka yang berbatasan dengan Indonesia mengalami hambatan atau kendala di tengah laut.

"Apalagi, jika kapal tersebut berada di wilayah kerja Pelindo 1, dan hal ini merupakan tanggung jawab Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut," ujar Eddy.

Ia menjelaskan, Pelindo 1 tetap berkomitmen memberikan pelayanan yang optimal di semua lini di perairan Selat Malaka. Selain itu, kapal-kapal yang sedang bersandar di pelabuhan selalu dikawal, karena sebagai pengguna jasa pada PT Pelindo 1.

"Kita tidak ingin kapal yang berada di pelabuhan tersebut mengalami masalah. Dan PT Pelindo 1 juga telah memiliki ketentuan dalam penjagaan kapal tersebut," katanya.

Humas PT Pelindo 1 M Eriansyah mengatak, salah satu layanan utama yang diberikan terhadap pengguna jasa PT Pelindo adalah segmen pelayanan kapal atau Marine Service. Kemudian, pelayanan peti kemas, curah cair CPO, dan pelayanan kapal.

Salah satu peralatan armada kapal tersebut, yaitu Kapal Tunda atau Tug Boat Sei Deli V yang melayani kegiatan Marine Services di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun. Ia mengatakan, Kapal Tunda Sei Deli V dengan spesifikasi panjang 32,5 meter, kecepatan 12 knot, Bollard Pull 35 ton dan didukung oleh tenaga 3.200 HP (2 X 1600 HP), serta dilengkapi Steering Rudder Propeler (SRP).

Selain menghadirkan Kapal Tunda Sei Deli V ini, Pelindo 1 juga ke depan juga memprogramkan untuk menambah kapal tunda yang lainnya.

"Kekuatan armada Kapal Tunda yang dimiliki Pelindo 1 sebanyak 16 Kapal Tunda/Tug Boat, 29 Kapal Pandu/Pilot Boat dan pendukung lainnya beroperasi di 14 Cabang, 11 perwakilan wilayah kerja Pelindo 1 tersebar dari Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Kepulauan Riau," kata Eriansyah.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA