Selasa 22 Dec 2015 20:26 WIB

7 Tips Nyaman Berkendara Saat Musim Hujan

Seorang warga menembus hujan menggunakan payung di Jalan Gajah Mada, Jakarta, Senin (30/11).
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Seorang warga menembus hujan menggunakan payung di Jalan Gajah Mada, Jakarta, Senin (30/11).

REPUBLIKA.CO.ID, Sesuai ramalan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bulan ini sebagaian besar wilayah Indonesia diguyur hujan dengan intensitas tinggi yang membuat jalanan digenangi air dan menjadi licin.

Safety Riding Analyst Astra Motor, Michael Gerald, melalui keterangan tertulis PT Astra International Tbk - Honda, Selasa (22/12), mengimbau pengendara sepeda motor memerhatikan aturan keselamatan berkendara, baik dari segi peralatan penunjang maupun cara berkendara.

Berikut tujuh hal yang perlu diperhatikan:

Helm

Michael menyarankan helm yang digunakan saat hujan adalah dari jenis full face agar sewaktu berkendara wajah dan mata tidak terganggu guyuran air yang mengganggu penglihatan dan konsentrasi.

Jas Hujan

Jas hujan yang lebih baik digunakan adalah berbentuk jaket dan celana, bukan jubah atau ponco karena berisiko tersangkut ke rantai atau roda. Selain itu, gunakan jas hujan berwarna cerah agar mudah terlihat pengendara lain. Jangan sekali-kali menggunakan payung sewaktu berkendara.

Sepatu

Banyak pengendara yang menggunakan sandal ketika hujan karena takut sepatunya basah. Hal ini akan berbahaya jika terjatuh atau terkena pantulan kerikil. Gunakan sepatu anti air atau minimal cover sepatu. Jika terpaksa menggunakan sepatu biasa, jangan menapakkan kaki di atas mesin, khususnya menggunakan motor cub karena mempengaruhi titik keseimbangan motor dan pengendara.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement