Wednesday, 13 Safar 1442 / 30 September 2020

Wednesday, 13 Safar 1442 / 30 September 2020

Wow, Warga Tasmania Paling Banyak Operasi Ikat Usus

Selasa 22 Dec 2015 20:00 WIB

Red: Indira Rezkisari

Operasi pengikatan usus

Operasi pengikatan usus

Foto: ist

REPUBLIKA.CO.ID, Negara bagian Tasmania adalah ibu kota operasi pengikatan lambung (lap band surgery), operasi untuk mengurangi masuknya makanan ke dalam tubuh, guna mengurangi berat badan, dengan 1,5 persen atau 7.500 warga Tasmania melakukan hal tersebut.

Hal tersebut mungkin bukan hal yang mengejutkan karena sekitar 65 persen warga Tasmania  mengalami kegemukan.

Salah satunya adalah Michelle Gunn asal ibukota Tasmania Hobart, yang menjalani operasi tersebut tujuh tahun lalu. Ketika itu, Gunn mendapat peringatan dari dokternya bahwa dia akan menderita diabetes bila tidak mengurangi berat badan.

Menurutnya, hidupnya sudah berubah banyak sejak operasi tersebut. "Berat badan saya turun 35 kg, ukuran baju saya turun dari 24 menjadi sekarang ukuran 10," tambahnya lagi.

"Sekarang saya bisa bergerak dengan bebas tidak seperti dulu lagi yang ketika baru berjalan sebentar saja sudah ngos-ngosan," katanya.

Menurut dokter Stephen Wilkinson, yang melakukan operasi lebih dari setengah pasien operasi lap band in di Tasmania sejak tahun 1998, mengatakan fenomena ini sudah ada lebih dari 10 tahun terakhir. "Ini memang statistik unik, bahwa sekitar satu setengah persen warga Tasmania menjalankan operasi lap band, tidak ada angka setinggi di tempat lain di dunia ini," kata Wilkinson.

Dengan biaya operasi sekitar 10 ribu dolar Australia (sekitar Rp 100 juta), di awal 2015, pemerintah Federal Australia memutuskan untuk membiayai operasi tersebut yang ditujukan kepada pasien yang berpotensi tinggi di Tasmania.

"Kami berhasil melakukan operasi terhadap sekitar 120 orang dalam waktu empat atau lima bulan, dan ini mengurangi jumlah mereka yang sedang menunggu.' kata Wilkinson.

Dalam pernyataan tertulisnya, Menteri Kesehatan Tasmania Michael Ferguson mengatakan sejak bulan Juli 2014, lebih dari 140 orang sudah menjalani operasi. "Saat ini, hanya ada 29 pasien yang masuk dalam daftar tunggu, menurun tajam dari 176 pasien yang menunggu proses yang sama di bulan Juni 2014."

Operasi pengikatan lambung ini dianggap sebagai langkah tercepat untuk mengurangi berat badan, bagi mereka yang mengalami kesusahan menurunkan berat badan dengan cara lain. Yang dilakukan dokter adalah mengikat sebagian lambung, sehingga makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi berkurang.

sumber : http://australiaplus.com/indonesian/2015-12-22/warga-tasmania-paling-banyak-operasi-pengikatan-usus/1528716
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA