Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Terseret Arus, Pangeran Christian Denmark Berhasil Diselamatkan

Senin 21 Dec 2015 21:13 WIB

Red: Indira Rezkisari

Pangeran Christian dari Denmark.

Pangeran Christian dari Denmark.

Foto: ABC News

REPUBLIKA.CO.ID, Pangeran Christian, pewaris tahta Kerajaan Denmark yang baru berusia 10 tahun terjebak arus pecah (flash rip) ketika sedang berenang di Pantai Gold Coast. Namun Pangeran Christian berhasil diselamatkan oleh penjaga pantai yang bertugas ketika itu.

Pangeran Christian terjebak dalam arus ombak pecah yang berbahaya ketika tengah berenang di pantai Gold Coast, Queensland. Seorang pakar mengatakan putra dari Pangeran Frederik dan Puteri Mary dari Kerajaan Denmark yang baru berusia 10 tahun itu diselamatkan oleh penjaga pantai setempat.

Keluarga kerajaan itu memang tengah berlibur di Australia untuk mengunjungi sanak keluarga Puteri Mary di Tasmania selama Natal, dan mereka banyak menghabiskan waktu pekan ini di Gold Coast.

Anak pertama Puteri Mary itu diselamatkan oleh penjaga pantai yang tengah bertugas ketika itu, Nick Malcolm di Pantai Mermaid, pada Kamis lalu. Malcolm tidak menyadari kalau anak laki-laki yang dilihatnya berada dalam masalah dikawasan berbendera merah adalah Pangeran Christian.

Pangeran Frederik secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada Malcolm karena telah menyelamatkan nyawa anaknya.

Dewan Kota Gold Coast, yang bertanggung jawab atas pengelolaan penjaga pantai di kawasan pantai tersebut menolak untuk berkomentar mengenai insiden ini. Kepala penjaga pantai Gold Coast, Warren Young mengatakan Malcolm telah memilih untuk tidak berbicara kepada media mengenai insiden tersebut.

Dr Jak McCarroll, dari Ilmu Bumi Universitas Sydney mengatakan pusaran ombak kadang tersembunyi dibalik gelombang ombak di laut. "Pangeran Christian - tampaknya dia terjebak di dalam arus pecah, fenomena yang biasa disebut flash rip," katanya.

"Insiden ini menekankan pentingnya untuk berenang di kawasan yang diawasi oleh petugas penjaga pantai."

"Bahkan jika Anda bermasalah atau terseret arus pecah, seperti Pangeran Christian, Anda akan mudah diselamatkan."

Dr McCarroll mengatakan para penjaga pantai secara terus menerus mengawasi lautan untk mengidentifikasi kawasan teraman untuk dipasangi bendera di pantai dimana tidak terdapat arus pecah yang jelas terlihat. "Tapi Anda bisa saja secara tidak sengaja terseret oleh sesuatu yang disebut arus pecah atau flash rip, yang bisa dengan cepat menyedot sari keluar dari zona berselancar atau berenang."

Fenomena semacam ini sangat umum terjadi di kawasan pantai dan karenanya insiden ini menekankan pentingnya bagi perenang muda untuk tetap berenang di kawasan yang diawasi penjaga pantai. Ia menyarankan pengunjung pantai yang terseret arus pecah agar tidak panik.

Risiko arus pecah sering kali terutama selama musim panas, akan ada sekitar 20-an orang per tahun yang tewas karena terseret arus pecah semacam ini di Australia, dan kebanyakan insiden semacam ini terjadi pada musim liburan yang sibuk.

"Jadi jika Anda memiliki tingkat pemahaman yang baik mengenai pantai yang Anda datangi, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk memahami apa yang perlu dilakukan. Tidak hanya berenang di pantai di kawasan yang diawasi tapi juga mengupayakan agar tetap berada di kawasan yang berbendera tanda aman untuk berenang."

sumber : http://australiaplus.com/indonesian/2015-12-21/penjaga-pantai-gold-coast-berhasil-selamatkan-pangeran-christian-dari-denmark/1528560
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA