Senin 21 Dec 2015 05:25 WIB

Pelajar Jateng Ikuti Program Siswa Mengenal Nusantara ke Kalteng

Dirut PT Surveyor Indonesia M Arif Zainuddin (kiri) berbicara dengan beberapa siswa SMU Jawa Tengah peserta program Siswa Mengenal Nusantara, di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Ahad (20/12).
Foto: Irwan Kelana/Republika
Dirut PT Surveyor Indonesia M Arif Zainuddin (kiri) berbicara dengan beberapa siswa SMU Jawa Tengah peserta program Siswa Mengenal Nusantara, di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Ahad (20/12).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA – Sebanyak 17 siswa SMA/SMK  se-Jawa Tengah mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara yang diadakan di Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Kegiatan tersebut diadakan selama dua minggu, sejak 21 Desember 2015.

Kegiatan Siswa Mengenal  Nusantara diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Kegiatan tersebut berupa pertukaran pelajar SMU seluruh Nusantara dengan metode pemberian kesempatan kepada 17 pelajar SMU kelas XI pada setiap provinsi, yang secara proporsional mewakili kota/kabupaten pada setiap provinsi tersebut.

Untuk wilayah Kalimantan Tengah, kegiatan Siswa Mengenal Nusantara dijalankan oleh PT Wijaya Karya  (Persero) Tbk (WIKA),   PT Surveyor Indonesia (Persero) dan PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI). Kegiatan tersebut dipusatkan di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Dalam kata sambutan selamat datang di Restoran Senayan Palangka Raya, Ahad (20/12) malam, Direktur Utama PT Surveyor Indonesia M Arif Zainuddin mengatakan, kegiatan Siswa Mengenal Nusantara terutama bertujuan untuk menambah pengalaman dan wawasan para siswa.

“Diharapkan dengan mengikuti program ini, para siswa bertambah wawasannya, terutama dalam bidang budaya, pendidikan maupun kewirausahaan,” papar M Arif Zainuddin.

Ketua regu Siswa Mengenal Nusantara asal Jawa Tengah Ardan mengatakan mereka sangat berminat mempelajari potensi Kalimantan Tengah dalam bidang sosial budaya, pendidikan  maupun ekonomi.

 

“Kami dibagi menjadi lima kelompok. Setiap kelompok diwajibkan membuat makalah yang akan diseminarkan. Tujuannya agar ilmu dan pengalaman yang kami peroleh selama mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara ini dapat kami tularkan kepada teman-teman di sekolah kami masing-masing pada khususnya maupun pelajar SMA/SMK se-Jawa Tengah pada umumnya,” kata Ardan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement