Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Norwegia Luncurkan Kampanye Berikan Gunung ke Finlandia

Ahad 20 Dec 2015 05:31 WIB

Red: Indira Rezkisari

Kawasan di Gunung Haiti yang terletak di perbatasan Norwegia dan Finlandia.

Kawasan di Gunung Haiti yang terletak di perbatasan Norwegia dan Finlandia.

Foto: dok Telegraph

REPUBLIKA.CO.ID, OSLO -- Sekelompok orang di Norwegia meluncurkan kampanye untuk menggeser perbatasan negaranya hingga 200 meter. Tujuannya, agar puncak Gunung Haiti bisa masuk daerah Finlandia dan menjadi bagian negaranya.

Upaya tersebut merupakan hadiah bagi negara tetangga Finlandia di hari jadi kemerdekannya yang ke-100. Finlandia merupakan negara dengan jumlah gunung yang sangat sedikit.

Memindahkan perbatasan antara Norwegia dan Finlandia berjarak 150 meter ke utara dan 200 meter ke timur saja sudah membuat Finlandia memiliki puncak gunung tinggi. Pemindahan itu juga hanya membuat Norwegia kehilangan 0.015 km persegi.

"Ide ini adalah hadiah dari warga Norwegia dan saya rasa warga Finlandia akan menghargainya," ujar Bjorn Geirr Harsson, pakar geodesi yang menjadi sosok di balik kampanye ini di Facebook.

"Tak akan mengubah satu km persegi ukuran Norwegia atau Finlandia," katanya. "Tapi akan membuat perbedaan besar karena titik tertinggi di Finlandia akan di puncak gunung dan bukan di perbukitan."

Melihat dari reaksi publik di Facebook, agaknya kampanye ini mendapat sambutan hangat dari warga kedua negara, dikutip dari Telegraph, Ahad (20/12).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA