Sabtu 19 Dec 2015 09:42 WIB

Ibu Madrasah Pertama untuk Anak

Rep: c16/ Red: Taufik Rachman
Oki Setiana Dewi
Foto: Antara/Agus Bebeng
Oki Setiana Dewi

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Pesinetron dan penulis Oki Setiana Dewi mengatakan tantangan seorang ibu zaman sekarang sangat beragam terutama seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi dan informasi. Untuk itu, kata Oki, seorang ibu harus memiliki kecerdasan dalam mendidik anak.

Pada dasarnya, menurut pesinetron yang sedang disibukkan dengan aktivitas dakwah ini, seorang ibu merupakan madrasah pertama bagi anaknya.  "Artinya ibu juga harus cerdas karena dengan akhlaknya yang baik dapat membuat anak-anaknya menjadi generasi yang baik," kata Oki saat dhubungi Republika, Jumat (18/12).

Pendidikan yang baik terhadap anak tidak akan tercapai apabila ibu tidak memiliki pendidikan yang baik pula. Maka, kata Oki, seorang ibu harus mempersiapkan diri sedari dini dengan ilmu-ilmu tentang parenting.

Bahkan, penguasaan ilmu parenting akan lebih baik dipelajari saat belum menikah. Dalam mendidik anak, menurut Oki, yang paling penting bukan dari masa kandungan tapi saat memilih pasangan. Karena, ketika memilih pasangan itu harus memiliki visi misi yang sama sehingga dapat membentuk generasi yang hebat.

Maka, menjadi ibu yang ideal juga tidak bisa terlepas dari peran seorang ayah. Ibu harus mampu berkomunikasi dengam ayah mengenai metode yang akan diterapkan dalam pengasuhan anak.

"Menjadi ibu yang ideal adalah ibu yang paham akan tugas utamanya yaitu melayani suami dan mendidik anak-anaknya," kata Oki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement