Senin, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 Desember 2019

Senin, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 Desember 2019

Putin tak Sungkan Lontarkan Pujian kepada Donald Trump

Jumat 18 Des 2015 10:20 WIB

Red: Ani Nursalikah

Vladimir Putin

Vladimir Putin

Foto: EPA/Alexey Nikolsky

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin memuji calon kandidat presiden AS dari Partai Republik Donald Trump. Putin mengatakan Trump adalah seorang yang 'cemerlang dan berbakat'.

"Dia bilang dia ingin meingkatkan hubungan yang lebih dekat. Bagaimana bisa kami tidak menyambut baik itu," kata Putin kepda wartawan usai konferensi akhir tahun, Kamis (17/12).

Namun, Trump belum memberi rincian bagaimana caranya dia meningkatkan hubungan dengan Rusia.

"Saya pikir saya akan berteman baik dengannya (Putin). Putin tidak suka Obama. Dia tidak menghormati Obama, dan saya yakin Obama juga begitu," kata Trump dalam wawancara Oktober dengan CBS.

Hubungan Rusia-AS mengalami ketegangan setelah AS memberi sanksi atas aneksasi Rusia terhadap Krimia dan konflik di Ukraina timur.

"Saya pikir simpati Putin terhadap Trump diungkapkan tanpa dia mengenal betul Trump secara pribadi. Namun, dia mengikuti perkembangan Trump dengan erat karena dia bukan seperti politisi Barat pada umumnya," ujar Alexander Baunov, pengamat dari Moscow Carnegie Center.

Apakah Putin benar-benar berpikir Trump adalah orang yang pintar?

Kata berbahasa Rusia yang ia gunakan, sebenarnya tidak hanya berarti 'cemerlang', tapi juga 'jelas' dan bahkan 'terlalu menyolok mata'.

"bukan urusan kami untuk menentukan keunggulannya, itu urusan pemilih Amerika. Pilihan kata yang ia (Trump) pakai untuk meningkatkan popularitasnya adalah urusan politik dalam negeri AS," kata Putin.

 

Baca juga:

Deretan Jam Tangan Fantastis Milik 5 Pemimpin Dunia

Gara-Gara Facebook, Misi Rahasia AS di Libya Bocor

Cari Nama Android, Google akan Gelar Pemungutan Suara Online

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA