Kamis 17 Dec 2015 12:00 WIB

5 Gejala yang Jadi Indikasi Kanker pada Pria

Rep: C23/ Red: Indira Rezkisari
Penyakit kanker
Foto: ist
Penyakit kanker

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak pria lebih memilih untuk khawatir dalam keheningan ketika merasakan gejala sakit, daripada harus repot-repot pergi ke dokter. Namun, beberapa gejala memang tidak boleh diabaikan begitu saja.

Karena dari tanda-tanda tersebut, bisa jadi Anda terserang kanker. Berikut ini beberapa gejala yang timbul bila Anda terserang kanker.

Pencernaan buruk

Dimulai dari pencernaan buruk. Tahukah Anda bahwa pencernaan yang buruk dapat menjadi tanda Anda mengalami kanker tenggorokan, kerongkongan, atau perut? Bila Anda mengkonsumsi obat pencernaan dalam sepekan, namun penyakit justru semakin parah, kunjungi dokter.

Buang air kecil terus-menerus

Bila Anda mengalami perubahan signifikan dalam buang air kecil selama beberapa pekan atau bahka bulan, segera periksakan hal itu pada dokter. Bisa jadi Anda menglami pembesaran prostat yang disebabkan oleh kanker.

Perubahan ke testis

Kanker testis cenderung menyerang pria pada usia 30 tahun atau 40 tahun. Anda harus memeriksakan testis Anda secara teratur, terutama bila terjadi pertumbuhan atau penyusutan, serta bila Anda merasakan adanya benjolan atau bengkak.

Bercak darah

Munculnya darah pada tempat yang tidak seharusnya Jika Anda melihat ada darah ketika Anda batuk atau meludah atau ketika buang air besar dan buang air kecil, hal tersebut tidak boleh dibiarkan.

Darah yang muncul ketika Anda buang air besar, misalnya, mungkin disebabkan oleh wasir atau bahkan kanker usus besar.

Batuk yang tak kunjung hilang

Bila Anda batuk terus-menerus selama tiga pekan atau lebih, lalu semakin memburuk, hal itu layak Anda periksakan pada dokter. Batuk parah atau berkepanjangan dapat menjadi tanda bronkitis kronis atau bisa juga kanker paru-paru.

Pria juga dapat mengalami kanker payudara. Bila ada benjolan di sekitar payudara Anda, jangan abaikan hal tersebut dan segera periksakan pada dokter.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement