Rabu 16 Dec 2015 11:00 WIB

Dokter Anjurkan 6 Cara Cegah Kanker Usus

Rep: C04/ Red: Indira Rezkisari
Memikirkan makanan enak apa yang dilahap membuat perhatian terhadap pencernaan perlu dipikir lebih. Kesehatan pencernaan penting untuk hindari kanker usus.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Memikirkan makanan enak apa yang dilahap membuat perhatian terhadap pencernaan perlu dipikir lebih. Kesehatan pencernaan penting untuk hindari kanker usus.

REPUBLIKA.CO.ID, Penyakit tidak menular, seperti kanker saat ini menjadi masalah kesehatan utama di dunia termasuk Indonesia. Segala jenis kanker, secara keseluruhan sebenarnya dapat dicegah.

Menurut Kasi Bimbingan dan Evaluasi Subdit Pengendalian Kanker Kemenkes RI, Dr. Esti Widiastuti, MScPH, kanker dapat di cegah dengan menerapkan pola hidup CERDIK yang dapat di jabarkan sebagai berikut.

Cek kesehatan secara rutin

Hal ini berguna untuk mengetahui keadaan tubuh yang sebenarnya. Serta mendeteksi penyakit yang muncul sejak dini.

Enyahkan asap rokok

Rokok maupun asapnya sangatlah berbahaya bagi tubuh. Tidak hanya dapat menimbulkan penyakit kanker, namun juga dapat menimbulkan beberapa penyakit berbahaya lainnya. Untuk itu, kiranya sangat penting bagi kita agar senantiasa menjauhi rokok dan asapnya.

Rajin melakukan aktivitas fisik

Beberapa survei melaporkan bahwa orang yang rajin melakukan aktivitas fisik ternyata tidak mudah terserang penyakit, termasuk kanker. Aktivitas fisik juga disinyalir merupakan sebuah kegiatan yang sangat menyehatkan serta merupakan obat dari segala macam penyakit.

Diet seimbang

Menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan dengan nilai gizi cukup dan seimbang dapat membantu mencegah seseorang terkena penyakit berbahaya, seperti kanker dan penyakit kardiovaskuler. Selain itu, penting juga untuk membatasi makanan cepat saji yang mengandung bahan pengawet tinggi.

Istirahat cukup

Beristirahat dapat membantu memulihkan metabolisme tubuh yang lelah. Sehingga penyakit tidak mudah masuk ke dalam tubuh, ketika kondisi sedang lemah.

Kelola stress

Sebagian penyakit yang muncul di dalam tubuh salah satunya diakibatkan oleh keadaan psikologi seseorang yang tidak stabil. Penting untuk selalu mengontrol emosi dan pikiran kita, agar tidak mudah stress sehingga timbul berbagai macam penyakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement