Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Delapan Alasan Mengapa Kita Harus Berzikir

Rabu 16 Dec 2015 05:43 WIB

Red: Agung Sasongko

Dzikir

Dzikir

Foto: Republika/Raisan Al Farisi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aa Gym membahas masalah dzikir dalam Kajian Al-Hikam di Masjid Al-Latief Pasar Raya Grande Blok M belum lama ini. Pada kesempatan itu, AA Gym memaparkan dzikir-dzikir yang dilakukan ketika menghadapi segala macam urusan dunia:

Seperti dilansir salingsapa.com, berikut pemaparan Aa Gym:

 

1. Semua Ciptaan Allah

Ciptaan Allah tidak ada yang cacat, lalu yang kakinya cacat? Itu kesempurnaan dari Allah. Jika mata melihat ingat ini ciptaan Allah dan hati ingat Sang Pencipta.

2. Semua Milik Allah

Jika kita niat semua ciptaan Allah, tidak akan lupa, karena semua milik Allah. Nikmati, mau beruban itu terserah Allah. Semua titipan Allah, makin merasa kuat memiliki makin terasa sakit di hati.

3. Segalanya dalam Kekuasaan Allah

Kita tidak boleh merasa dikuasai selain Allah, sepenuhnya kekuasaan Allah tidak bisa lari. Jika Allah memberi sakit, belajar ilmu Allah yang membuat tenang “a`la bidzikrillah tathma`inul qulub”. Orang-orang yang tidak percaya, pasti terlalu banyak pikir seharusnya banyak dzikir.

4. Allah yang Menggenggam Segalanya

Allah mudah membolak-balikan hati manusia. Jika ada orang yang mendzolimi kita, berlindunglah pada Allah, mereka semua genggaman Allah, syaithan juga digenggaman Allah.

5. Tidak Ada yang Terlepas dari Izin Allah (Bi’idznillah)

Ada izin Allah ada ridha Allah, setiap kejadian atas izin Allah belum tentu atas ridha Allah. Jika segala kejadian atas ridho Allah pasti atas izin Allah. Tidak ada rencana Allah dengan jangka pendek, semua sisi ada hikmahnya. Kematian hanya akan datang ketika waktunya habis.

6. Allah Maha Adil

Adil adalah segala sesuatu pada tempatnya, kalau tidak sesuai dengan tempatnya berarti mendzolimi. Allah Maha Adil berarti tidak meleset semuanya. Tidak Allah biarkan satupun Allah biarkan dalam ketidakadilan.

7. Allah yang Maha Baik

Jika hidup tidak baik berarti kita yang mendzalimi diri kita, karena kita su’udzan pada Allah. Jika kita berbaik sangka pada Allah pasti akan baik.

8. Allah Maha Pelindung

Jangan cari selain Allah. Allah Yang Maha Pelindung selain itu seperti keran. Semua ucapkan Laa hawla wa laa kuwwata illa billah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA