Senin 14 Dec 2015 19:15 WIB

Klarifikasi Resmi KTB Soal Pajero

Mitsubishi Pajero Sport
Foto: leftlanenews
Mitsubishi Pajero Sport

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menyatakan, sedang mempersiapkan peluncuran The All New Pajero Sport pada kuartal pertama 2016. Pernyataan ini disampaikan untuk menanggapi pemberitaan di Automotive News (www.autonews.com) terkait masa depan Pajero/Montero.

Dalam keterangannya, KTB menjelaskan, Automotive News melakukan wawancara dengan Osamu Masuko, CEO & chairman dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC). Dalam artikelnya, kemudian tertulis bahwa Mitsubishi tidak memiliki rencana untuk generasi penerus dari model full-size Pajero SUV dan juga tidak merencanakan model penggantinya di pasar manapun karena masalah konsumsi bahan bakar. 

Mengenai hal itu, KTB menyatakan, telah mengkonfirmasikan pernyataan Masuko kepada MMC selaku prinsipal. Berikut pernyataan resmi prinsipal terkait hal itu, "Untuk saat ini, Mitsubishi Motors berencana untuk melakukan peningkatan serta terus memasarkan model Pajero/Montero. Saat ini, Pajero/Montero masih dipelajari terkait dengan posisinya di dalam jajaran produk MMC di masa mendatang." 

KTB pun menegaskan, MMC tidak mengurangi bisnisnya terkait dengan isu produk ini. Namun mengalokasikan sumber daya untuk berkonsentrasi pada pengembangan compact-SUV dan cross-over. Dua model ini telah menjadi tren di pasar dunia karena stabilitas, durabilitas, kemampuan serta tampilannya yang sporty dan dinamis yang cocok untuk beroperasi di berbagai medan. 

KTB menyatakan, Pajero yang disebutkan dalam wawancara tersebut adalah Pajero (dikenal sebagai Pajero Super Exceed 3.8L di Indonesia) yang diproduksi di Jepang dan tidak lagi dipasarkan di Indonesia. Di Indonesia, KTB memasarkan sport utility vehicle (SUV) bernama Pajero Sport, yang teknologinya diturunkan dari sejarah Pajero. 

Diproduksi oleh Mitsubishi Motors (Thailand) Co, Ltd, Pajero Sport merupakan produk utama dan strategis MMC untuk pasar dunia, termasuk Indonesia. Kendaraan ini pertama kali diperkenalkan di pasar Indonesia pada 2009. Selama enam tahun keberadaannya, populasinya kini hampir mencapai 75.000 unit dan menjadi market leader di segmen SUV 4x4 dengan pangsa pasar lebih dari 50 persen. 

"Saat ini, KTB sedang mempersiapkan peluncuran dari The All New Pajero Sport pada kuartal pertama 2016. Hal ini sejalan dengan rencana bisnis global MMC yang akan fokus ke pengembangan kendaraan SUV dan cross-over pada masa mendatang," tulis KTB, Senin (14/12).

Indonesia, lanjut KTB, merupakan pasar yang strategis yang paling penting bagi MMC. Saat ini pun pembangunan pabrik manufaktur kendaraan penumpang yang baru sedang dilaksanakan di Greenland International Industrial Center (GIIC)-Deltamas, Bekasi dan siap beroperasi pada semester pertama 2017. 

Produksi tahap pertama dari pabrik ini adalah untuk New Pajero Sport, dilanjutkan dengan small MPV dan kendaraan niaga ringan, L300. Pabrik tersebut akan menyerap lebih dari 3.000 tenaga kerja, memiliki kapasitas produksi hingga 160 ribu unit per tahun yang masih dapat dikembangkan hingga 240 ribu unit per tahun. 

"Ini adalah bukti nyata dari komitmen Mitsubishi Motors untuk secara berkesinambungan menyediakan produk berkualitas tinggi untuk konsumen di Indonesia, dan secara terus menerus mendukung pembangunan dan ekonomi di Indonesia," tulis KTB. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement