Senin 14 Dec 2015 12:13 WIB

Intip Beragam Cara Asyik Hilangkan Stres

Rep: C32/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Mengatur makanan, menghilangkan stres, serta rutin berolahraga bisa membuat tubuh segar dan mencegah penuaan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Mengatur makanan, menghilangkan stres, serta rutin berolahraga bisa membuat tubuh segar dan mencegah penuaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut survei yang dilakukan American Psychological Association pada tahun ini, perempuan dikatakan rentan mengalami stres dibandingkan laki-laki. Survei itu juga memperlihatkan tak semua orang ketika mengalami stres berusaha untuk menghilangkan atau minimal mengurangi.

Banyak cara asyik sebenarnya untuk menghilangkan stres. Seperti dilansir All You, Senin (14/12) mendengarkan musik favorit sambil bersantai bisa mengurangi tingkat denyut jantung, tekanan darah, dan hormon stres.

Cara unik lain mengurangi stres, berdasarkan penelitian jurnal stress dan kesehatan tahun lalu, mengunyah permen karet. Hal tersebut bisa mengarahkan untuk mendapatkan suasana hati yang lebih baik.

Tak hanya permen karet, mengonsumsi camilan renyah seperti wortel atau seledri yang membutuhkan banyak mengunyah juga berpengaruh sama. Tindakan sekedar mengunyah dapat membantu menghilangkan stres dengan membakar energi gugup.

Cara asyik selanjutnya yaitu berolahraga karena bisa membantu membakar kecemasan dan bisa mencegah stres. Penelitian juga mengungkapkan mereka yang berolah raga tidurnya lebih tenang dan tidak stres.

Jika hal tersebut dirasa kurang, Anda bisa membawa hewan peliharaan ke kantor. Dalam penelitian, orang-orang yang bekerja dengan hewan peliharaan di kantor, tingkat stresnya secara keseluruhan lebih rendah.

Hanya saja, jika tidak memungkinkan membawa hewan peliharaan ke kantor maka di rumah juga bisa menjadi solusi. Penelitian mengungkapkan seseorang yang memiliki hewan peliharaan tidak kesepian dan memiliki dukungan sosial serta emosional lebih besar.

Cara asyik terakhir yaitu tontonlah komedi favorit karena dengan senyum bahkan tertawa bisa menurunkan kadar hormon stres seperti kortisol dan epinefrin. Menurut penelitian pada 2008 dari Loma Linda University di California, tertawa bisa mengurangi ketegangan.

 

Baca juga:

Ini 4 Efek Buruk Diet yang Salah dan Cara Mengatasinya

Ini Beragam Manfaat Makan Semangka Ketika Hamil

Ladies, Diet Sehat Ini Tingkatkan Produksi ASI

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement