Sabtu 12 Dec 2015 11:01 WIB

Ini Gejala yang Muncul Bila Anak Anda Terserang Kanker

Rep: C23/ Red: Indira Rezkisari
Pada anak, kanker sulit dicegah. Berbeda dengan pada dewasa.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Pada anak, kanker sulit dicegah. Berbeda dengan pada dewasa.

REPUBLIKA.CO.ID, Spesialis hematologi dan onkologi dari Rumah Sakit Kanker Dharmais Haridini Intan mengungkapkan ada beberapa tanda umum yang biasanya timbul ketika anak-anak terserang kanker. Menurutnya, tanda-tanda ini perlu diketahui orang tua agar dapat segera melakukan tindakan pengobatan lebih dini.

Tanda-tanda yang disebutkan Haridini antara lain adalah anak bisanya mengalami pucat, memar atau pendarahan, serta nyeri tulang umum. Selain itu, lanjutnya, terjadi benjolan atau pembengkakan pada tubuh.

"Pembengkakan ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, tanpa demam atau tanda-tanda infeksi di tempat lainnya," jelas Haridini ketika menghadiri acara kampanye penggalangan dana untuk anak-anak pengidap kanker di Senayan City, beberapa waktu lalu.

Tanda-tanda lainnya, kata Haridini adalah penurunan berat badan tanpa sebab dan biasanya diiringi dengan batuk terus-menerus. "Pas malam, biasanya anak juga menjadi selalu berkeringat," ucapnya.

Selain itu, papar Haridini, pupil mata anak juga berubah menjadi putih atau juling. Hal ini biasanya diikuti dengan memar atau bengkak di sekitar mata.

Masih ada beberapa lagi tanda-tanda lainnya ketika anak terserang kanker. "Antara lain pembengkakan perut atau abdomen, sakit kepala yang terus menerus, serta muntah pada pagi hari dan semakin memburuk sepanjang hari," papar Haridini.

Gejala ini, kata Haridini, biasanya timbul pada anak-anak berusia 0 tahun hingga 11 tahun. Untuk jenis kankernya sendiri, tanda-tanda tersebut biasanya merujuk pada kanker atau tumor padat, antara lain kanker saraf, kanker tulang, kanker otot, dan kanker pada retina mata.

(baca: Sour Sally Ajak Unggah Foto Belepotan Yogurt Hitam)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement