Jumat 11 Dec 2015 19:30 WIB

Sosialisasi Asian Games 2018, Bola Raksasa Bakal Kelilingi Indonesia

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: M Akbar
Logo Asian Games 2018 ditampilkan saat peringatan Haornas 2015 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (9/9).
Foto: Republika/ Wihdan
Logo Asian Games 2018 ditampilkan saat peringatan Haornas 2015 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (9/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Asian Games ke-18 pada Agustus 2018 mendatang. Untuk mensosialisasaikan ada hajatan besar tersebut, Kementerian Pemuda dan Olahraga bakal membuat program khusus dengan menggelindingkan bola raksasa di seluruh provinsi di Indonesia.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menjelaskan, Asian Games akan digelar di Jakarta dan Palembang. Namun, Imam tak ingin hanya masyarakat di dua kota itu saja yang tahu bahwa ada pesta olahraga terbesar se-Asia tengah berlangsung di Tanah Air. Karenanya, diperlukan kegiatan promosi Asian Games untuk masyarakat Indonesia sendiri.

"Nanti kami akan menyiapkan bola yang akan kita gelindingkan di seluruh penjuru negeri ini, masing-masing provinsi satu. Kira-kira diameter bolanya lima meter lah," ucap Menpora di Kantor Presiden, Jumat (11/12).

Sebelumnya, dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta persiapan pelaksanaan Asian games 2018 segera dikebut. Jokowi menekankan agar pembangunan infrastruktur sarana dan prasana untuk pertandingan menjadi prioritas.

"Waktunya sudah sangat mepet sekali, terutama berkaitan dengan venue yang perlu dirombak total atau direnovasi, itu segera dirampungkan," kata Presiden.

Asian Games ke-18 akan digelar pada Agustus 2018. Pemerintah memperkirakan, ada 14 ribu atlet, official dan media yang akan menghadiri hajatan besar dalam bidang olahraga tersebut. Untuk menampung mereka, pemerintah akan segera membangun Wisma Atlet di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Sementara, untuk arena pertandingan, ada 35 venue yang akan menjadi tempat pelaksanaan Asian Games.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement