Jumat 11 Dec 2015 15:30 WIB

Mahasiswa Asing Unand Diajak Pidato Bahasa Indonesia

Kamus Besar Bahasa Indonesia, ilustrasi
Kamus Besar Bahasa Indonesia, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG --Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat mengajak mahasiswa asing yang kuliah di kampus tersebut untuk berpidato di depan keramaian dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Ajang ini merupakan bagian dari kegiatan ulang tahun jurusan ke-32 yang puncaknya pada (8/12).

Ketua Jurusan Sastra Indonesia FIB Unand Dr Gusdi Sastra mengatakan pada ajang ini jurusan mengajak 12 orang mahasiswa asing yang berasal dari Korea, Cina dan Vietnam. Ajakan ini kata dia, langsung disambut oleh para mahasiswa tersebut dan telah selesai menampilkan kemampuannya pada 8 Desember 2015 lalu.

"Masing masing mahasiswa berpidato tentang berbagai hal pengetahuan dan pengalamannya selama di Indonesia," katanya.

Pidato tersebut sebutnya disampaikan secara sederhana dan apa adanya. Ada mahasiswa yang menampilkan pidato pengalaman pertama kali ke Indonesia karena tertarik dengan budaya dan makannya. Ada pula mahasiswa yang mengkritisi banyaknya sampah di Padang.

Hingga mahasiswa yang secara kritis mengamati hilangnya kabut asap di Padang. Dia berharap sepulang ke negaranya masing-masing diharapkan mahasiswa tersebut menjadi duta penyebar bahasa Indonesia di mata dunia.

"Tujuan dari mengajak mahasiswa asing berpidato ini untuk mengenalkan lebih dalam bahasa Indonesia sekaligus budaya yang menyelimutinya," kata dia.

Salah satu mahasiswa asing asal Vietnam Thi Kim Phuong mengapresiasi adanya ajakan dan kegiatan pidato berbahasa Indonesia tersebut. Menurutnya hal ini menjadi kesempatan mahasiswa asing memperlihatkan kemampuannya dalam berbahasa Indonesia kepada masyarakat umum. Hal ini juga membuktikan keseriusannya dalam menimba ilmu di Indonesia dan bersosialisasi dengan masyarakat Indonesia lainnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement