Sunday, 21 Zulqaidah 1441 / 12 July 2020

Sunday, 21 Zulqaidah 1441 / 12 July 2020

ITS akan Bentuk Tiga Fakultas Baru

Kamis 10 Dec 2015 19:11 WIB

Rep: Andi Nurroni/ Red: Esthi Maharani

Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember--ITS--, Surabaya

Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember--ITS--, Surabaya

Foto: ITS

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tengah menggodok rencana pembentukan tiga fakultas baru. Tiga fakultas tersebut merupakan pemekaran dari lima fakultas yang telah ada, yang akan menampung sejumlah rumpun jurusan baru.

Wakil Rektor II Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sarana Prasarana ITS, Heppy Kristijanto mengungkapkan, pemekaran fakultas merupakan respons atas tren perkembangan bidang-bidang keilmuan.

Tiga fakultas yang akan dibentuk adalah Fakultas Desain dan Industri Kreatif (FDIK), Fakultas Teknologi dan Sains Terapan (FTST), dan Fakultas Teknologi dan Ilmu Kebumian (FTIK). Ia mencontohkan, FDIK akan diisi oleh jurusan Desain Produk Industri dan Jurusan Desain Interior.

“Kedua jurusan ini, sebelumnya bernaung di bawah Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan atau FTSP,” ujar Heppy kepada wartawan di kampus ITS Surabaya, Kamis (10/12).

Pendirian Fakultas Desain dan Industri Kreatif, menurut Heppy, telah mendapatkan restu dari Kementerian Riset dan Teknologi.  Sementara untuk Fakultas Teknologi dan Sains Terapan dan Fakultas Teknologi dan Ilmu Kebumian, menurut Heppy, keduanya telah mendapatkan persetujuan dari senat.

“Rencananya FTIK akan diisi jurusan yang berhubungan dengan kebumian, seperti Jurusan Teknik Geomatika dan Jurusan Teknik Geofisika, sedangkan FTST akan menjadi wadah program vokasi,” ujar dia.

Meski difokuskan pada program vokasi, menurut Heppy, Fakultas Teknologi dan Sains Terapan tidak hanya terbatas pada jurusan diploma III maupun diploma IV. Ia menyebut, salah satu jurusan yang akan bergabung dalam fakultas tersebut adalah Magister Terapan Teknik Sipil.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA