Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Iklan McDonald's Dinobatkan Iklan Terburuk Dekade Ini

Rabu 09 Dec 2015 15:10 WIB

Red: Indira Rezkisari

McDonald's

McDonald's

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, Raksasa makanan cepat saji, McDonald's dinobatkan sebagai perusahaan dengan teknik iklan dan pemasaran terburuk dekade ini karena mengiklankan junk food pada anak-anak.

Penghargaan tahunan ‘Fame and Shame Awards’, yang menyoroti teknik pemasaran oleh perusahaan untuk mengiklankan makanan yang tidak sehat pada anak-anak digelar kemarin (8/12) di Melbourne oleh kelompok aspirasi orang tua anti-obesitas, Parent’s Voice.
 
Manajer Kampanye organisasi ini, Alice Pryor mengatakan penghargaan ini pertama kali diselenggarakan 10 tahun lalu. McDonald’s dan pabrik pembuat sarapan sereal Kellogg setiap tahun selalu mendapatkan nominasi sejak penghargaan ini diselenggarakan.
 
"Awalnya kelompok ini terdiri dari 12 orang tua yang memiliki kesamaan visi dimana mereka mereka sudah sangat muak dengan perusahaan-perusahaan yang mentargetkan anak-anaknya sebagai sasaran iklan pemasaran mereka,” kata Pryor.
 
Menurutnya ‘Parents' Voice tahun ini mengaku dihubungi oleh sejumlah perusahaan yang mengaku tidak senang dinominasikan oleh organisasi mereka. "Kellogg's, untuk menghargai usaha mereka karena sudah berusaha memperbaiki teknik pemasaraannya, oleh karena itu tahun ini hanya mendapatkan satu nominasi saja.”
 
Namun demikian menurut Pryor, McDonald's memenangkan dua penghargaan dan turut dinominasikan juga pada satu kategori penghargaan lainnya.
 
Restoran waralaba ini meraih penghargaan sebagai perusahaan terburuk dekade ini dengan kembali meraih penghargaan Pester Power Award untuk iklan paket Happy Meal Minion mereka di televisi yang menampilkan karakter animasi terkenal minion tengah bermain dengan karakter Happy Box McDonald's.
 
"Mereka jatuh ke truk penuh dengan pisang, Anda tidak bisa  mendapatkan pisang dalam paket Happy Meal," kata Pryor.
 
McDonald's juga memenangkan kategori Digital Ninja Award untuk pemasaran digital mereka pada anak-anak untuk kampanye Happy Readers mereka.
 
Sementara itu Coke Life memenangkan kategori Smoke and Mirrors Award untuk produknya yang dikemas seolah-olah lebih sehat dari yang sesungguhnya. Sementara KFC memenangkan kategori Foul Sport Award karena mensponsori Liga Big Bash cricket.
 
Sedangkan penghargaan Parents' Choice Award, salah satu kategori award dari Fame and Shame Award namun ditujukan untuk pemasaran dan kampanye iklan yang mempromosikan makanan yang sehat untuk anak-anak.
 
Tahun ini dimenangkan oleh Perusahaan Nutrition Australia dan The Wiggles atas kolaborasi mereka dalam kampanye Pick Bright, Feel Right.
 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-12-09/iklan-mcdonalds-dinobatkan-sebagai-iklan-terburuk-dekade-ini/1523826
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA