Kamis, 5 Jumadil Akhir 1441 / 30 Januari 2020

Kamis, 5 Jumadil Akhir 1441 / 30 Januari 2020

iPad Bisa Membuat Bagian Tubuh Anak Menjadi Lemah

Selasa 08 Des 2015 12:12 WIB

Rep: C01/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Mengenalkan gadget sebelum usia dua tahun akan mempengaruhi perkembangan anak. Semua aspek perkembangan anak, mulai dari fisik, bahasa, emosional, sosial, dan intelektual.

Mengenalkan gadget sebelum usia dua tahun akan mempengaruhi perkembangan anak. Semua aspek perkembangan anak, mulai dari fisik, bahasa, emosional, sosial, dan intelektual.

Foto: buybymom

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemajuan teknologi membuat anak-anak sudah mulaik akrab dalam penggunaan gadget di usia dini. Sayangnya, penggunaan gawai atau sering disebut gadget secara intens dapat membuat bagian tubuh atas anak menjadi lebih lemah.

Kepala Sekolah Gearies Infant School di Redbridge, Bob Drew, mengatakan cukup banyak anak berusia empat tahun yang datang ke sekolahnya memiliki kekuatan tubuh bagian atas lemah. Hal itu disebabkan karena anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain iPad dibandingkan bermain di ruang terbuka yang mendorong adanya aktivitas fisik.

Yang cukup mengkhawatirkan, lanjut Bob, ialah adanya anak yang bahkan tidak dapat menggenggam pensil karena memiliki kemampuan fisik tubuh yang lemah. Bob sendiri mulai menyadari adanya pengaruh buruk gawai pada perkembangan fisik anak dalam dua tahun terakhir ini.

Menurut Bob ada cukup banyak orang tua yang memilih untuk memberikan anaknya peralatan elektronik atau gadget untuk bermain. Padahal akan lebih baik jika anak di usia dini dibiarkan untuk bermain di luar, berlari dan mengembangkan kemampuan fisiknya.

"Mereka tidak dapat menggenggam pensil. Genggaman pensil mereka sangat lemah sehingga tulisan mereka sangat kacau," ucap Bob dikutip dari dailymail.co.uk.

Melihat cukup banyaknya anak yang akrab dengan gadget memiliki kelemahan fisik, Bob kemudian tidak tinggal diam. Bersama timnya, Bob mulai mengadakan boot camps atau program kemah bagi anak-anak yang dapat membantu mereka untuk melatih otot tangan.

 

Baca juga:

5 Tanda Anda Kecanduan Media Sosial dan Butuh Bantuan Profesional...

Catat! Mengonsumsi Brokoli Bantu Anda Terhindar Dari Kanker Ini

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA