Sabtu 05 Dec 2015 06:53 WIB

Ini Tips Berolahraga Bagi Anda yang Terlalu letih

Rep: C01/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Selain asupan makanan yang dijaga, untuk mendapatkan tubuh ideal dibutuhkan komitmen untuk rajin berolahraga.
Foto: ist
Selain asupan makanan yang dijaga, untuk mendapatkan tubuh ideal dibutuhkan komitmen untuk rajin berolahraga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- 'Lelah' kerap menjadi alasan bagi seseorang untuk tidak pergi ke gym dan berolahraga. Bagi mereka yang merasa sedikit lelah tetapi ingin berolahraga, activetimes.com melampirkan dua jenis olahraga yang dapat menjadi pilihan yang tepat.

Fitness Berkelompok

Melakukan aktivitas berolahraga Fitness seorang diri akan terasa berbeda jika dilakukan bersama-sama. Dengan melakukan fitness dalam satu kelompok dengan banyak kenalan baru dapat memberi motivasi yang menyenangkan untuk mengeluarkan keringat.

Di samping itu, melakukan fitness berkelompok juga akan terasa jauh lebih ringan.

(Baca:Ngegym, Latihan Kardio atau Angkat Beban Dulu Ya?)

Yoga

Di saat merasa sedikit lelah, tetapi tetap ingin bergerak, Yoga dapat menjadi salah satu alternatif yang pas. Pasalnya, Yoga memberikan efek yang menenangkan sekaligus menyehatkan.

Di samping itu, Yoga juga membantu seseorang untuk menyesuaikan pikiran dan tubuhnya dengan selaras. Selain itu, gerakan-gerakan dalam Yoga dapat melatih pernafasan menjadi lebih baik. Yoga juga dapat membantu seseorang untuk mengembalikan energi tubuh dengan lebih optimal.

Sebelum menjalani olahraga, penting bagi Anda untuk mengetahui apa penyebab lelah yang ia rasakan terlebih dahulu. Jika rasa lelah yang Anda rasakan disebabkan oleh rasa malas berolahraga semata, maka Anda dapat memotivasi diri untuk bangun dari tempat duduk anda dan berjalan kaki sejenak.

Ketika Anda sudah berada di luar rumah, energi anda untuk melakukan olahraga akan kembali bangkit. Di sisi lain, rasa lelah juga dapat timbul dari kurang tidur atau kecapaian yang diakibatkan oleh aktivitas sehari-hari, dan bisa juga kombinasi dari kedua hal tersebut.

Jika rasa lelah yang Anda rasakan disebabkan oleh dua hal tersebut, maka akan lebih baik jika Anda mengistirahatkan tubuh anda sebentar, daripada melakukan olahraga. Akan tetapi, jika rasa lelah yang Anda rasakan disebabkan oleh program olahraga yang Anda jalani, akan lebih baik melakukan cross training workout, atau olahraga lain yang bukan merupakan rutinitas dalam program olahraga Anda.

Kelelahan akibat program olahraga juga bisa diatasi dengan mengurangi intensitas dari program olahraga rutin Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement