Sabtu 05 Dec 2015 02:01 WIB

Wow, Tampilan Mobil F1 McLaren Terbaru Mirip Jet Tempur

Rep: c01/ Red: Ani Nursalikah
Tim balap Formula 1 (F1) McLaren akhirnya memberikan informasi terkait konsep baru mobil F1-nya yang diberi nama MP4-X. Dengan desain yang futuristik, model mobil F1 terbaru McLaren ini terlihat
Foto: the verge
Tim balap Formula 1 (F1) McLaren akhirnya memberikan informasi terkait konsep baru mobil F1-nya yang diberi nama MP4-X. Dengan desain yang futuristik, model mobil F1 terbaru McLaren ini terlihat

REPUBLIKA.CO.ID, Tim balap Formula 1 (F1) McLaren akhirnya memberikan informasi terkait konsep baru mobil F1-nya yang diberi nama MP4-X. Dengan desain yang futuristik, model mobil F1 terbaru McLaren ini terlihat "mematikan".

Keunggulan dari mobil balap MP4-X ini ialah pada penekanan keamanan dan keselamatan berkendaranya. Salah satu fitur keselamatan yang dimiliki MP4-X ini adalah sensor pada ban yang dapat memperingatkan pengemudi tentang risiko ledakan yang mungkin akan terjadi pada mobil.

Di samping itu "kepala" atau bagian depan mobil ini juga terlihat mirip dengan bentuk jet tempur yang tangguh. MP4-X juga memiliki desain tertutup, yang dapat mencegah cedera kepala bagi pengemudi.

McLaren sendiri menilai produk MP4-X ini sebagai sebuah model mobil yang mendekati "fiksi ilmiah" dibandingkan gaya futuristik. Selain itu, McLaren juga mengklaim mobil yang mereka produksi ini dilengkapi dengan berbagai teknologi yang benar-benar nyata.

MP4-X juga dilengkapi dengan fitur yang saat ini belum disetujui penggunaannya dalam peraturan F1, yaitu bagian bawah mobil yang dilengkapi dengan tunnel angin. Tunnel atau "terowongan" angin di bagian bawah mobil ini dapat memberi efek aerodinamis yang kuat bagi mobil,

"Hal ini belum diizinkan dalam peraturan F1 yang sekarang, khususnya untuk sirkuit seperti Monza," kata Chief Innovation Officer dari McLaren Applied Technologies, Geoff McGrath, dikutip The Verge, Jumat (4/12).

Ingin berkembang lebih jauh lagi, McLaren bahkan mengeluarkan pernyataan suatu saat mereka akan membuat sistem kemudi yang dikendalikan dengan otak. Sistem ini akan mendeteksi dan memonitoring sinyal elektrikal dari otak pengemudi yang kemudian dikombinasikan dengan gestur tangan pada stir mobil.

 

Baca juga:

12 Pasangan Mesum di Bandung Terjaring Razia

6 Destinasi Ajaib Dunia yang Harus Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

Pelaku Penembakan San Bernardino Terinspirasi ISIS

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement