Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Ke Sydney? Jangan Lupa Mampir ke Jalanan Penuh Restoran Indonesia

Jumat 04 Dec 2015 12:30 WIB

Red: Indira Rezkisari

Di Jalan ANZAC Parade terdapat setidaknya 10 restoran yang menyajikan makanan Indonesia.

Di Jalan ANZAC Parade terdapat setidaknya 10 restoran yang menyajikan makanan Indonesia.

Foto: ABC News

REPUBLIKA.CO.ID, Bila Anda jalan-jalan ke Sydney dan kangen dengan masakan Indonesia, Anda bisa mampir ke jalan ini. Banyak restoran Indonesia di sini.

Di Jalan ANZAC Parade, ada sekitar 10 restoran Indonesia. Mulai dari ayam goreng, nasi padang hingga pempek.

"Jalan ini restoran Indonesia ada 10-an. Ada Fajar Restaurant, Ayam Goreng, Penang Bistro, Indo Rasa, Sedap Rasa, Ubud yang fine dining, Pempek Palembang Clovelly, nasi padang. Ada beberapa lagi yang punya orang Indonesia seperti yang buka restoran Jepang," tutur Ardi Pradana, food blogger Indonesia yang sudah 10 tahun tinggal di Australia.

Menurut Ardi, restoran-restoran Indonesia itu buka di sini karena banyak orang Indonesia berlalu lalang di sepanjang jalan ini. "Mungkin karena ada UNSW (University of New South Wales), banyak mahasiswa Indonesia di sini. Kemudian Konsulat di Maroubra, rumah Konjen di Rose Bay."

Bila dilihat di peta, UNSW memang terletak di Jalan ANZAC Parade, dan jalan ini bersimpangan dengan Jalan Maroubra di mana kantor KJRI Sydney terletak. Ardi melanjutkan, sejak 2005 kala dia bersekolah master di Sydney, restoran-restoran Indonesia di Jalan ANZAC Parade selalu saja ada.

"Saya ke sini 2005, sudah ada. Sudah ada yang tutup-ganti-tutup-ganti. Jadi, selalu ada restoran Indonesia di sini," jelas pemilik blog allaboutfoodblog.com ini.

Indo Rasa misalnya, menyajikan beragam menu yang bisa mengobati kangen orang Indonesia di perantauan. Aneka menu halal seperti aneka satai, soto, pepes, ayam goreng-bakar, tahu-tempe goreng, terong balado, sayur asem, lontong sayur, mie ayam, bakso, tahu telor, gado-gado, asinan, toge goreng, pempek, aneka nasi campur dan nasi kuning, nasi pecel hingga masakan oriental seperti nasi goreng, mie goreng dan kwetiau goreng semuanya tersedia. Minumannya, sebut saja es teler, es doger, es cendol dan es campur hingga es duren.

Restoran itu beranjak ramai kala waktu makan siang. Tak cuma orang Indonesia, warga Australia juga terlihat menikmati makan di situ. Pemilik Indo Rasa, Ela Yunita Wijaya (59), sudah tinggal di Sydney selama 17 tahun. Ela mengatakan restorannya sudah buka di Jalan ANZAC Parade ini selama 5 tahun.

"Kan kita orang Indonesia, mengenalkan masakan kita sendiri ke Indonesia," tutur Ela saat ditanya alasannya membuka restoran Indonesia.

Dia mengaku tidak sulit mendapatkan bumbu untuk membuat masakan Indonesia yang kaya rempah. Di Sydney, imbuhnya, semua bahan rempah ada. "Banyak," kata dia.

Membuka restoran Indonesia di Indonesia sudah biasa, namun di Sydney, berbisnis restoran Indonesia itu banyak tantangannya. "Menarik tamu dari bangsa-bangsa lain, kan tidak semua dari Indonesia," jawabnya ketika ditanya soal tantangan itu.

Maka, strategi Ela adalah mengenalkan masakan Indonesia itu kepada warga Australia dari berbagai bangsa. "Katakan orang Korea. Makanya kita weekend buka lebih lama," jelas dia.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-12-04/ke-sydney-jangan-lupa-mampir-di-jalan-yang-banyak-restoran-indonesia-ini/1521884
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA