Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Menhan Harapkan PT DI Kembangkan Pesawat Tempur

Jumat 04 Dec 2015 12:16 WIB

Red: Taufik Rachman

Pesawat tempur SU-30

Pesawat tempur SU-30

Foto: defenseindustrydaily.com

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu berharap PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dapat mengembangkan kemampuan produksi dan teknologi terutama di bidang pesawat tempur yang dapat menjadi unggulan karya anak bangsa di masa mendatang.

Harapan tersebut, ia katakan dalam sambutannya pada acara penandatanganan "Strategic Cooperations Agreement" antara PTDI dan Korea Aerospace Industries (KAI) di kantor Kemenhan, Jakarta, Jumat.

"Ini diperlukan dengan dukungan dan komitmen semua pihak yang terkait, termasuk pemerintah dengan dukungan regulasi dan angggaran," kata Ryamizard.

Menurut Menhan, penguasaan teknologi pesawat terbang bukan suatu proses yang sederhana sehingga perlu dukungan dari semua pihak.

"Demikian pula peran aktif dari industri pertahanan dalam melaksanakan proses kerja sama termasuk 'sharing' keahlian pengetahuan dan teknologi," kata Menhan.

Sementara itu, kata Menhan, penandatanganan kerja sama strategis antara PTDI dan KAI (Korea) hari ini telah melalui suatu proses dengan berbagai kendala baik teknis dan administrasi termasuk investasi serta negoisasi yang panjang untuk masuk ke dalam sebuah kesepakatan.

"Perjanjian ini merupakan langkah awal yang cukup strategis antara kedua industri pertahanan terutana bagi PTDI," katanya.

Dalam perjanjian secara "Business to Business" itu, PTDI dengan KAI akan melaksanakan kerja sama yang meliputi fase produksi pesawat tempur KFX/IFX termasuk perawatan, modifikasi, dan pembaruan.

Selain itu, potensi kerja sama lainnya sesuai kapasitas dan kapabilitas kedua belah pihak yang akan dilaksanakan secara simultan sejalan dengan pelaksanaan fase Engineering Management and Development (EMD).

Hadir pula dalam penandatanganan tersebut, Dubes Korea Selatan untuk Indonesia Cho Tae Young dan Direktur Utama PTDI Budi Santoso.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA