Selasa 01 Dec 2015 06:58 WIB

Cara Ampuh Sembuhkan Flu tanpa Harus Minum Obat

Pria sedang flu
Foto: flickr
Pria sedang flu

REPUBLIKA.CO.ID, Flu salah satu penyakit yang sering melanda siapa saja. Terutama pada musim pancaroba mendekati musim hujan seperti saat ini.

Banyak dari Anda mengambil langkah praktis yakni minum obat warung atau bergegas pergi ke dokter untuk menyembuhkannya.

Akan tetapi, tubuh bila terlalu sering mengonsumsi obat seperti antibiotik memiliki kemungkinan akan kebal terhadap jenis obat tersebut. Lebih baik Anda gunakan cara mudah ini untuk mengurangi minum obat seperti yang dilansir laman Boldksy Selasa (1/12).

Banyak minum air hangat

Flu membuat tubuh menjadi dehidrasi atau kekurangan cairan. Minumlah setiap setengah sampai satu jam sekali segelas air hangat. Selain untuk mendapatkan cairan yang maksimal pada tubuh, air hangat mampu mengatasi hidung dan tenggorokan yang tersumbat karena flu.

(Baca juga: Kurang Tidur Picu Kerentanan Terhadap Flu)

Kumur dengan teh

Bila Anda terserang flu beserta batuk, untuk mengurangi dahak yang sangat mengganggu di tenggorokan, disarankan untuk berkumur dengan air yang telah diseduh teh. Ini sangat membantu Anda untuk mengeluarkan dahak dan membuat tenggorokan lebih lega.

Hirup uap air

Untuk mengatasi hidung tersumbat Anda bisa menghirup uap air panas. Ambil air yang baru matang dan tuang ke dalam baskom, tutupi kepala dengan handuk dan dekatkan wajah untuk menghirup dalam-dalam uap air yang merangkak naik ke atas. Lakukan hal ini berulang-ulang sampai masalah hidung tersumbat bisa diatasi.

Kumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat menghilangkan virus di tenggorokan. Lakukan hal ini berulang-ulang hingga kondisi membaik.

(Baca juga: Istirahat, Obat Jitu Atasi Flu dan Batuk)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement