Selasa, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 Januari 2020

Selasa, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 Januari 2020

Kata Siapa tak Ada Kalkun Panggang Bagi Astronaut di Luar Angkasa

Jumat 27 Nov 2015 11:56 WIB

Rep: C01/ Red: Indira Rezkisari

Kalkun panggang biasa menjadi santapan dalam perayaan Thanksgiving.

Kalkun panggang biasa menjadi santapan dalam perayaan Thanksgiving.

Foto: flickr

REPUBLIKA.CO.ID, Seperti halnya warga Amerika Serikat yang merayakan Thanksgiving dengan hidangan kalkun, para astronaut yang bertugas di International Space Station (ISS) juga merayakan Thanksgiving dengan hidangan kalkun khusus yang dikirimkan ke luar angkasa.

Dalam sebuah video, dua astronaut NASA, Scott Kelly dan Kjell Lindgren terlihat antusias dengan sajian kalkun yang mereka terima sebagai hidangan khas Thanksgiving. Hidangan tersebut mereka terima pada hari libur mereka di ketinggian 400 km dari bumi.

Sebelum menyantap hidangan tersebut, kedua astronot mengungkapkan berbagai hal yang mereka syukuri dalam hidup mereka. Kelly yang hampir menyelesaikan misi satu tahun luar angkaanya mengatakan merasa bersyukur memiliki kesempatan dalam hidupnya untuk singgah di stasiun luar angkasa.

Tinggal di atas bumi, lanjut Kelly, memberinya kesempatan untuk memandang planet Bumi yang cantik di bawah stasiun luar angkasa ISS. Menghabiskan waktu di luar angkasa juga membuat Kelly menemukan perspektif baru dalam melihat makna dari menjadi penduduk Bumi.

"Sejak saya berada di atas sini, kami melihat banyak hal buruk yang kerap terjadi di bawah sana, kami memantaunya melalui berita di sini," ungkap Kelly.

Senada dengan Kelly, Lindgren juga merasa sangat berterima kasih atas kesempatan yang ia dapatkan sehingga ia dapat singgah di stasiun luar angkasa. Lindgren mengaku hari-hari yang ia jalani di dalam laboratorium yang mengorbit tersebut sangat menyenangkan. Karena itu, Lindgren juga tak lupa untuk berterima kasih kepada ribuan orang di bumi yang bekerja keras untuk menjaga ia dan teman-temannya tetap aman di dalam orbit.

"Kami berharap semonga Anda juga merayakan Thanksgiving yang hangat," ujar Lindgren.

Usai mengungkapkan rasa syukur mereka, kedua astronot NASA tersebut segera membuka bungkusan yang berisi hidangan kalkun. Sambil melayang dan berputar di dalam laboratorium, kedua astronot tersebut terlihat bergembira dalam menyantap hidangan "kalkun luar angkasa" mereka.

Perayaan Thanksgiving di luar angkasa pertama kali dilakukan di U.S. Skylab space station pada 1973. Sedangkan perayaan Thanksgiving pertama di ISS dilakukan pada 2000, atau 15 tahun lalu. Hidangan Thanksgiving yang diberikan pada para astronot ialah kalkun asap, manisan ubi rambat, jagung yang direhidrasi serta gratin kentang. Seluruh hidangan tersebut, sejak semula memang telah tersedia di stasiun luar angkasa tersebut, dikutip dari NBC News, Jumat (27/11).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA