Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Mahasiswa IPB Ciptakan Krim Luka dari Limbah

Jumat 27 Nov 2015 06:44 WIB

Red: Angga Indrawan

Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB)

Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB)

Foto: antara

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Mahasiswa IPB menciptakan krim penyembuh luka bagi penderita diabetes. Krim tersebut dibuat dari limbah ikan yang selama ini dibuang begitu saja oleh sebagian masyarakat maupun industri.

"Produk krim penyebuh luka diabets ini kami beri nama diabetrin," kata Wekson Bagariang, salah satu dari tiga mahasiswa yang menciptakan krim penyembuh luka diabetes di Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/11).

Dia menjelaskan, krim diabetrin diformulasi berbasis kitosan dari pen cumi dan kolagen ikan. Bioproduk kesehatan tersebut telah diikutsertakan dalam ajang lomba Inovasi IPTEK Pemuda Nasional 2015 yang diselenggarakan 10 November lalu.

"Harapan kami, hasil ciptaan ini dapat membantu menyembuhkan luka diabetes yang dialami para penderita diabet secara efektif dan halal," kata Wekson.

Baca: JK: Golkar Perlu Banyak Evaluasi

Diabetrin diyakini akan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat lokal, khususnya nelayan dan pedagang ikan karena limbah yang mereka hasilkan memiliki nilai tambah. Selain itu, produk ini juga dapat mendorong mengurangi pencemaran lingkungan perairan dari limbah perikanan.

"Dalam pengembangan produk ini, kami berharap produksi skala kecil hingga menengah, serta pemasaran awal produk dapat bekerja sama dengan PT Bogor Life Science and Teknologi selaku holding company IPB," katanya.

Baca: Aburizal Bakrie: Posisi KMP Posisi Sahabat

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA