Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Tersangka Bom Beirut Tewas di Suriah

Jumat 27 Nov 2015 05:47 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Julkifli Marbun

Lebanon

Lebanon

Foto: AP Photo/Bilal Hussein

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Sebuah stasiun televisi di Lebanon melaporkan sebuah operasi gabungan oleh Hizbullah dan agen keamanan Suriah telah menewaskan tokoh militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang diduga terlibat dalam pemboman mematikan Beirut, Kamis (12/11).

TV Al-Manar Hizbullah mengatakan, Abdul-Salam Hendawi yang juga dikenal sebagai Abu Abdo tewas dalam penyergapan di daerah yang dikuasai ISIS  di provinsi tengah Homs, Suriah.

"Hendawi bertanggung jawab untuk membawa dua pengebom bunuh diri ke Lebanon dan melakukan serangan pada 12 November di Beirut selatan," ujar saluran televisi tersebut seperti dikutip dari laman Al Jazeera, Jumat (27/11).

Serangan yang diklaim oleh ISIS menewaskan 43 orang dan melukai lebih dari 200 orang. Namun, laporan tersebut tidak mengatakan kapan penyergapan Hendawi berlangsung. Ia menambahkan bahwa tugas utamanya adalah untuk mengangkut penyerang bunuh diri dari kota yang dikuasai ISIS Raqqa, Suriah, ke Lebanon. ISIS yang sering membuat pernyataan publik melalui website yang mendukung kelompok, tidak segera mengkonfirmasi kematian Hendawi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA