Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Proses Evakuasi Longsor Salawu Tasikmalaya Dihentikan

Rabu 25 Nov 2015 21:22 WIB

Rep: C10/ Red: Angga Indrawan

Garis Polisi

Garis Polisi

Foto: Antara/Fanny Octavianus

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Longsor menelan korban jiwa di Jalan Raya Salawu, Kampung Tagog, Desa Karangmukti, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya pada Rabu (25/11) sekitar pukul 15.30 WIB. Longsor susulan terjadi sekitar pukul 18.00 WIB

Ada tiga bangunan yang terseret longsor dan jatuh ke jurang sedalam 30 meter. Saat ini sedang dilakukan evakuasi terhadap koban longsor. Namun, karena kondisinya hujan dan gelap, proses evakuasi menjadi terhambat.

Kapolres Kabupaten Tasikmalaya, AKBP Susnadi mengatakan, berdasarkan hasil pengamatan Basarnas, masih terjadi pergerakan tanah di dekat tempat terjadinya longsor. Proses evakuasi harus dihentikan karena tidak memungkinkan.

"Diketahui ada satu korban jiwa dalam peristiwa longsor dan itu berdasarkan laporan dari istri korban," kata AKBP Susnadi kepada Republika.co.id di tempat terjadinya longsor, Rabu (25/11) malam.

Selain evakuasi harus dihentikan sementara waktu karena masih terjadi pergetakan tanah. Mobil besar yang bebannya cukup berat tidak disarankan lewat jalur Salawu-Cilawu Kabupaten Tasikmalaya. Baik dari arah Kabupaten Garut menuju Tasikmalaya maupun sebaliknya.

Berdasarkan pantauan Republika, tiga bangunan yang terseret longsor hanya berjarak sekitar lima meter dari pinggir Jalan Raya Salawu yang menghubungkan Kabupaten Tasikmalaya dan Garut. Sehingga, saat mobil berukuran besar dan membawa beban yang cukup berat, dikhawatirkan akan mengakibatkan terjadi longsor susulan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA