Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Blusukan ke Gang Kecil, Cara Asyik Jelajah Melbourne

Ahad 22 Nov 2015 06:31 WIB

Red: Indira Rezkisari

Salah satu sudut Kota Melbourne, Australia.

Salah satu sudut Kota Melbourne, Australia.

Foto: freeaussiestcokphoto

REPUBLIKA.CO.ID, Kota Melbourne sangat teratur. Lanskap kotanya kotak-kotak bila dilihat dari atas. Lanskap kotak-kotak ini menciptakan gang-gang yang kini nyaman dijelajahi dengan jalan kaki.

Trotoar yang lebar dan nyaman mendukung sekali menjelajah Melbourne dengan berjalan kaki. Jangan cuma selusur di jalan-jalan besarnya, masuklah ke gang-gang kecil, Anda akan banyak menemui 'harta karun' Melbourne yang sebenarnya. Ada kafe-kafe nyaman, toko cake atau toko roti yang enak, toko buku, toko atau butik baju dari desainer dan merek lokal hingga kawasan kreatif grafiti.

"Jika Anda berjalan di Melbourne, itu bentuk arealnya persegi kotak-kotak. CBD terutama, dulunya memang area kotak-kotak yang besar," ujar Fiona Sweetman, pendiri Hidden Secret Tours di Melbourne.

"Pada tahun 1837, pemerintah memutuskan untuk membuat blok-blok ini menjadi wilayah yang lebih kecil. Dari situlah gang-gang ini muncul, menjadi cikal-bakal tujuan wisata Melbourne selama beberapa tahun terakhir," tuturnya.

Hidden Secret Tours yang ditawarkan Fiona adalah paket wisata blusukan ke gang-gang kecil di Melbourne, melihat deretan toko-toko desainer lokal, warung kopi-warung kopi lokal hingga restoran-restoran yang oke.

Lanskap Melbourne yang blok kotak-kotak itu dikenal dengan nama The Hoddle Grid, yang dirancang Robert Hoddle dan diimplementasikan di Kota Melbourne pada 1837. Nah di era Victoria dan masa perburuan emas, gang-gang itu menjadi tempat parkir kereta kuda, kereta juga kudanya. Beberapa bahkan menjadi area kumuh.

Fiona menambahkan, sejak 25 tahun lalu atau sekitar 1990-an, pemerintah kota Melbourne berinisiatif merevitalisasi dan menghidupkan gang-gang kecil itu, sekaligus mendorong usaha kecil menengah.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-11-20/cara-asik-jelajah-melbourne-jalan-kaki-blusukan-ke-gang-kecil/1516708
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA