Wednesday, 4 Jumadil Akhir 1441 / 29 January 2020

Wednesday, 4 Jumadil Akhir 1441 / 29 January 2020

Partai Suu Kyi Kendalikan Majelis Tinggi dan Rendah

Jumat 13 Nov 2015 18:31 WIB

Red: Ani Nursalikah

Pendukung partai oposisi Aung San Suu Kyi, NLD merayakan kemenangan dalam pemilu di Yangon, Senin, 9 November 2015.

Pendukung partai oposisi Aung San Suu Kyi, NLD merayakan kemenangan dalam pemilu di Yangon, Senin, 9 November 2015.

Foto: AP Photo/Khin Maung Win

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON -- Partai oposisi pimpinan Aung San Suu Kyi menjadi mayoritas dalam parlemen dari pemilihan umum Ahad yang mempunyai wewenang untuk memilih presiden dan membentuk pemerintahan baru.

Pemilihan umum dimana Partai Liga Demokrasi Nasional (NLD) pimpinan Suu Kyi berpartisipasi sejak 1990, meraih hasil mengejutkan dengan perolehan lebih dari 80 persen kursi untuk NLD.

Dari pengumuman Komisi Persatuan Pemilihan Umum, NLD sukses memperoleh dua pertiga kursi yang dibutuhkan untuk berkuasa, merebut 348 kursi parlemen dengan beberapa hasil yang belum diumumkan.

Pemerintah kini memberi isyarat kepada partai pimpinan Suu Kyi dalam perubahan politik di negara yang telah dikendalikan oleh militer selama lima dekade.

Menjadi mayoritas memberikan kewenangan bagi partai pimpinan Suu Kyi untuk mengendalikan majelis tinggi dan rendah, serta memungkinkan mereka memilih presiden dan membentuk pemerintahan baru.

Suu Kyi mengatakan dirinya akan berkuasa di belakang presiden jika NLD menang dimana dia akan mengutus seorang wakil untuk menjadi presiden.

"NLD akan mampu mengesahkan aturan apapun yang mereka inginkan, mereka tidak perlu membentuk koalisi dan tidak perlu mengajak kalangan lain," ujar analis independen Myanmar Richard Horsey kepada media.

Pada saat transisi, NLD perlu berhati-hati untuk mengajak semuanya berpartisipasi.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA