Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

DPD: Rusunawa Solusi Penataan Kota Padat Penduduk

Jumat 13 Nov 2015 09:11 WIB

Rep: C27/ Red: Bayu Hermawan

AM Fatwa

AM Fatwa

Foto: Republika/Agung Supriyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai upaya menanta kota Jakarta menjadi lebih baik dan bebas banjir, Pemerintah Provinis DKI Jakarta melakukan relokasi penghuni Kapung Pulo ke Rusunawa Jatinegara. Upaya ini mendapatkan tanggapan positif dari Dewan Perwakilan Daerah (DKI) Jakarta.

"Kami mengapresiasi kebijakan Pemprov DKI Jakarta dalam membangun Rususnawa yang layak huni sebagai satu solusi atas penggusuran warga," ujar anggta DPD RI perwakilan DKI Jakarta, A.M. Fatwa.

Menurutnya, di masa depan hunian vertikal seperti Rususnawa dapat menjadi jawaban bagi penataan kota, khususnya di wilayah padat dan kumuh. Untuk masalah harga sewa, Pemprov DKI Jakarta dapat memberikan kebijakan sesuai kemampuan warga.

Hanya saja, Fatwa menyampaikan, Rusunawa Jatinegara yang sudah diisi warga Kampung Pulo di Kelurahan Kampung Rawa masih mendapatkan banyak keluahan. Terutama dari luas hunian yang tidak memadai.

"Terdapat banyak satu keluarga menempati hunian 2x2, sehingga untuk tidur pun bergiliran antara orang tua dan anak," katanya.

Ia berharap di waktu mendatang, Pemprov DKI Jakarta dapat menimbang kebutuhan dan ketersedian ruang bagi jumlah anggota kelaurga yang direlokasi.

Hal tersbut sebagai upaya agar warga yang direlokasi merasa tidak keberatan dan mengeluarkan banyak keluhan karena meninggalkan tanah yang sudah biasa dihuni sehari-hari.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA