Rabu 11 Nov 2015 12:34 WIB

Komunitas Budaya Guntur 49 Pentaskan 'Bung... di Mana Bung'

Shinta Indra Maya saat memerankan karakter Fatmawati di pementasan teater
Foto: dok: komunitas budaya guntur 49
Shinta Indra Maya saat memerankan karakter Fatmawati di pementasan teater

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Komunitas Budaya Guntur 49 menggelar pementasan teater bertajuk "Bung... di Mana Bung". Pementasan berlangsung pada Selasa (10/11) kemarin di sela Pengukuhan Dewan Pengurus Pusat Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Pementasan disutradarai oleh seniman yang juga aktivis Isti Nugroho ini bercerita tentang perjalanan Sukarno, seorang bapak bangsa yang justru mendapat tekanan di akhir masa hidupnya.

Cerita dimulai ketika Sukarno tinggal di rumah tokoh Sarekat Islam, HOS Tjokroaminoto. Di situ, Sukarno muda menyerap, memahamim, dan mendalami pemikiran Islam dari sang guru besar tersebut.

Sukarno muda yang kerap terlibat langsung dan kuyub dalam pergolakan politik kemerdekaan saat itu mengawali proses pendewasaan dan kematangan berpikirnya di rumah yang juga disebutnya sebagai "Dapur Revolusi".

Hingga, pada langkahnya menuju kemerdekaan, di rumah itulah Sukarno untuk pertama kalinya mendapatkan pengalaman mengenai gairah dan energi politik untuk mempersiapkan perlawanan terorganisasi melawan pemerintah kolonial Belanda.

Shinta Indra Maya, pemeran Fatimah dalam pementasan ini mengatakan, persiapan dilakukan dalam waktu yang tidak lama. Ia dan rekan-rekannya di komunitas budaya Guntur 49 hanya memiliki waktu 10 hari untuk berlatih.

"Tapi, untungnya hari ini semua berjalan lancar, pementasan sempurna," ujar finalis Putri Indonesia 2011 ini usai pementasan di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (10/11) malam.

Awalnya, dikatakan Shinta, dirinya didapuk memerankan karakter Utari. Tapi, karena waktu yang terbatas, durasi pementasan dikurangi, sehingga ia berganti peran menjadi Fatmawati.

"Referensi saya banyak baca tentang Fatmawati. Kebetulan saya juga kuliah di Universitas Bung Karno jadi biasa lihat tentang beliau. Baik di perpustakaan, teman juga dosen," kata dia.

Selain Shinta, pementasan "Bung... di Mana Bung" juga diperankan sejumlah nama lain. Di antaranya Krt Agus Istijanto, Eko Winardi, Ika Medika, Sunarto, J Sumarlin Hadi Joban, dan lainnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement