Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Ribuan Masyarakat Probolinggo Datangi Pengobatan Gratis PIA DPR RI

Rabu 11 Nov 2015 12:44 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Pemeriksaan dokter dalam rangka pengobatan gratis ke masyarakat.

Pemeriksaan dokter dalam rangka pengobatan gratis ke masyarakat.

Foto: Prayogi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, PROBOLINGGO -- Musibah kekeringan yang melanda beberapa daerah di Indonesia menimbulkan pelbagai penyakit di masyarakat salah satunya ISPA (inspeksi salurah pernapasan atas).

Melihat kondisi demikian PIA (Persaudaraan Istri Anggota) DPR RI, sabtu (7/11) lalu bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Probolinggo menggelar pengobatan gratis kepada masyarakat setempat di Dringu, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur.

"Sebenarnya ini termasuk dalam program bulanan PIA, karena kebetulan saat ini beberapa daerah terkena dampak kekeringan, kabut asap, maka kami menggelar bhakti sosial pengobatan gratis ini di dua daerah, NTT dan kabupaten probolinggo, Jawa Timur," ungkap Ketua Umum PIA, Deisti A. Novanto dalam keterangan resmi yang diterima Republika.co.id Selasa (10/11).

Ada beberapa alasaan PIA memilih Kabupaten Probolinggo, diantaranya Problinggo sendiri memang menjadi salah satu daerah yang terkena musibah kekeringan, dampak Karlahut (kebakaran lahan dan hutan), bahkan beberapa hari belakangan juga menjadi salah satu daerah yang terkena dampak erupsi anak Gunung Rinjani.

Atas masukan dari anggota PIA yang sekaligus menjabat sebagai Bupati Probolinggo, Tantriana Hasan Aminuddin maka dipilihlah kabupaten yang identik dengan buah Manggur (mangga dan anggur) ini.

"Ya, ini merupakan wujud nyata kepedulian kami ( PIA DPR RI) dalam membantu meringankan beban masyarakat miskin di Indonesia terutama dalam masalah kesehatan yang dirasa semakin mahal dan semakin sulit dari akses fasilitas kesehatan," jelas Deisti.

Sementara itu Bupati Probolinggo, Tantriana Hasan Aminuddin yang juga sebagai anggota PIA mengaku bangga dan terimakasih atas kepedulian PIA terhadap masyarakat kabupaten Probolinggo.

Lebih lanjut dikatakannya, target dari kegiatan ini adalah menangani pengobatan gratis kepada seribu orang, namun kenyataannya tercatat lebih dari 1100 masyarakat miskin memanfaatkan kegiatan ini untuk memeriksakan kesehatannya.

Dalam acara yang digelar di Kantor Kecamatan Dringu tersebut melibatkan 20 dokter umum, 1 dokter spesialis, 1 dokter spesialis penyakit dalam, 29 perawat, 10 Apoteker, 5 pembantu apoteker, 20 orang admin. Selain itu PIA juga menyerahkan bantuan berupa beras kepada para lansia di daerah tersebut.

"Kami berharap kegiatan pengobatan gratis ini tidak berhenti sampai disini, terutama bagi masyarakat penderita penyakit yang cukup serius dan membutuhkan penanganan kesehatan lanjutan. Artinya jika harus dirujuk ke rumah sakit, maka Pemkab Probolinggo dengan dinas kesehatannya harus membantunya," tambah Wakil Ketua PIA, Grace Fadli Zon yang turut serta dalam kegiatan tersebut.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler