Ahad 08 Nov 2015 00:20 WIB

Pria Tambah Tua Tambah Jantan? Belum Tentu Lho

Rep: C30/ Red: Indira Rezkisari
 suami istri (ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
suami istri (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Berdasarkan penelitian, menopause ternyata bukan saja dialami oleh para wanita yang sudah berhenti menstruasi. Tapi ternyata pria juga mengalami masa ini atau disebut andropause.

Andropause terjadi di mana fungsi testosteron pada pria mulai menurun. Penurunan ini dimulai sejak bertambahnya usia.

Usia 30 tahun, biasanya hormon pada pria sedang naik sampai 900 persen, seiring bertambahnya usia, 40 hingga 80 tahun, hormon mulai menurun sampai 300 persen dan terus menurun.

"Mekanisme penurunan ini yang sering orang menganggapnya 'wajarlah sudah tua'," ujar spesialis Klinik Wellness dan urolog Akbari Wahyudi Kusuma, beberapa waktu lalu.

Penurunan hormon testosteron ini mengakibatkan kemampuan kognitif menurun, libido atau hasrat seksual menurun, tampak mudah depresi dan tertekan, aktivitas sosial mulai menurun, mudah lelah, kualitas tidur yang buruk, bahkan merasa berat badan bertambah.

"Itulah kenapa fungsi testosteron ini penting dan fital bagi pria, tapi umumnya pria masih tabu untuk membahas hal ini," ujar Akbari yang mengaku banyak pasien pria sembunyi-sembunyi untuk menanyakan hal demikian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement