Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Ini Beragam Bahan Aman Pembersih Kotoran Telinga

Kamis 05 Nov 2015 00:44 WIB

Rep: MGROL50/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Sakit telinga pada anak tidak selalu perlu diobati dengan antibiotik.

Sakit telinga pada anak tidak selalu perlu diobati dengan antibiotik.

Foto: homeremediesforlife

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kotoran telinga sangat mengganggu Anda karena membuat risih dan gatal. Kalau lama-lama tak segera dibersihkan, Anda akan merasakan efek sampingnya yang berkaitan dengan gangguan pendengaran.

Sayangnya masih ada sebagian orang yang suka membersihkan kotoran telinga sembarangan. Padahal telah disiapkan bahan-bahan aman, seperti yang Republika.co.id kutip dari Boldsky, (4/11).

Parafin oil

Hangatkan sedikit minyak parafin dan kemudian cairannya teteskan ke lubang telinga sebanyak dua hinga tiga kali. Setelah itu miringkan kepala Anda agar semua kotoran dapat keluar dan bersih seketika.

Hidrogen peroksida

Larutan hidrogen peroksida memang hanya dijual di toko obat dan kimia. Zat ini aman dipakai untuk tubuh kita, apalagi untuk membersihkan kotoran telinga. Cara penggunaannya, campurkan larutan hidrogen peroksida dan air biasa. Kemudian teteskan pada telinga, sembari memiringkan kepala. Dalam waktu beberapa detik, kotoran telinga pun bersih perlahan-lahan.

Minyak almond

Tuangkan beberapa tetes minyak almond di daun telinga Anda dan memiringkan kepala Anda. Tetap dalam posisi ini selama lima menit. Cara ini akan membantu mengusir kotoran telinga Anda dalam waktu singkat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA