Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

13 Karya Seni dan Budaya Jabar Jadi Warisan Budaya tak Benda

Selasa 03 Nov 2015 17:04 WIB

Red: Esthi Maharani

jawa barat

jawa barat

Foto: jabar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat menyatakan sebanyak 13 karya seni dan budaya dari Jawa Barat menjadi warisan budaya tak benda (WBTB) nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Kami telah berhasil mendorong 13 karya seni dan budaya ditetapkan sebagai WBTB yakni enam karya di 2013 dan empat karya di 2014," kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Wahyu Iskandar, Selasa (3/11).

Adapun seni dan budaya yang berhasil ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda tersebut diantara Upacara adat Ngarot dari Kabupaten Indramayu, Sintren Kabupaten Cirebon serta seni Mamaos dari Kabupaten Cianjur.

"Dan untuk tahun 2016 mendatang kami menargetkan sebanyak 10 seni dan budaya bisa ditetapkan sebagai WBTB oleh pemerintah pusat," ujar dia.

Menurut dia, butuh proses dan tahapan panjang untuk pengakuan warisan budaya tak benda nasional yakni usulannya harus datang dari komunitas atau para pengiat seni dan budaya. Setelah itu, usulan tersebut kemudian diakomodasi oleh pemerintah kabupaten/kota yang selanjutnya diteruskan ke provinsi.

"Kami mengajak kabupaten/kota memperkuat sinergitas dengan provinsi agar usulan ini dapat terfasilitasi untuk mendapatkan WBTB," katanya.

Ia mengatakan, seni dan budaya ini harus mampu memenuhi beragam syarat sejak dari tahapan pendaftaran, kajian akademis dan pendokumentasian.

"Kalau seluruh syarat telah dipenuhi, pihaknya akan mendorong seni dan budaya tersebut kepada pemerintah pusat. Penetapan dilakukan melalui skema sidang penetapan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," kata dia.

Data dan dokumen itu, lanjut dia, harus lengkap sebagai modal kuat di persidangan penetapan untuk menjadi warisan budaya tak benda nasional.

Lebih lanjut ia menuturkan selain Jawa Barat, pemerintah pusat pada tahun ini juga telah menetapkan sebanyak 121 warisan budaya tak benda dari provinsi lain seperti Yogyakarta dan Bali.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA