Selasa 03 Nov 2015 09:27 WIB

Kiat Menjadi Pemuda Berprestasi Ala Gus Ipul

Rep: Lintar Satria/ Red: Indah Wulandari
Gubernur Jawa Timur Soekarwo (kanan) dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (kiri) memainkan tongkat mayoret drum band pada Upacara Peringatan HUT ke-70 Jawa Timur di Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Senin (12/10).
Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Gubernur Jawa Timur Soekarwo (kanan) dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (kiri) memainkan tongkat mayoret drum band pada Upacara Peringatan HUT ke-70 Jawa Timur di Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Senin (12/10).

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Wakil Gubernur Jawa Timur  Saifullah Yusuf membagikan kiat menjadi pemuda berprestasi.

Kiat itu dijabarkannya saat membuka Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tingkat Provinsi Jatim Tahun 2015 di Gedung Cakrawala Universitas Negeri Malang (UNM).

Gus Ipul, sapaan akrab Wagub Jatim mengatakan, untuk menjadi pemuda berprestasi, ada dua faktor paling berpengaruh yang harus diperhatikan, yakni faktor internal (dari diri sendiri dan keluarga), dan faktor eksternal (lingkungan, teman, tetangga, bahkan pacar).

Namun, menurut Gus Ipul, yang terpenting adalah faktor internal.

“Ajak diri sendiri untuk jadi pemenang, karena itu, kenalilah potensi diri anda masing-masing, baru setelah itu kenalilah orang lain” katanya, Senin (2/11).

Untuk memantapkan diri sebagai pemenang, maka seseorang harus berpikiran positif, menetapkan tujuan hidup, membuat target kecil hingga target besar, kemudian melakukan evaluasi secara periodik terhadap target tersebut.

“Mengapa harus dievaluasi? Agar kita bisa tahu, apa yang sudah kita lakukan sudah maksimal atau belum? Dan lihatlah teman-teman anda, jika mereka bisa mencapai target yang sama, maka anda juga pasti bisa, jadikan itu sebagai motivasi. Jangan sungkan untuk bertanya dengan guru dan teman anda” tuturnya.

Berikutnya adalah mendisiplinkan diri, menggunakan waktu sebaik-baiknya, memiliki gaya hidup sehat, membatasi diri dalam pergaulan malam, dan mengubah hambatan serta tantangan menjadi peluang.

“Dan jauhilah perbuatan yang merugikan. Seperti narkoba, minuman keras, dan kriminalitas” lanjutnya.

Diluar faktor internal tersebut, ada faktor-faktor eksternal yang juga bisa mendukung pemuda menjadi berprestasi, yakni teman, tetangga, dan pacar.

“Pilihlah orang-orang yang mendukung anda untuk maju, jangan dekati orang yang justru melemahkan anda. Serta yang terpenting, ingatlah Tuhan dan Rasulullah, berdoa dan beribadah agar apa yang anda cita-citakan dapat tercapai” pungkasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim selaku Ketua Penyelenggara LKS, Saiful Rachman mengatakan, kegiatan LKS SMK ini memfasilitasi SMK se-Jatim dalam berkompetensi sesuai bidang keahlian yang dipelajari.

Acara ini diikuti sekitar 4.000 siswa-siswi dan para pendamping dari SMK negeri dan swasta se-Jatim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement