Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

BPBD Sumbar Imbau Warga Waspa Banjir dan Tanah Longsor

Selasa 03 Nov 2015 07:50 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Tanah longsor

Tanah longsor

Foto: ant

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Barat (Sumbar) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai intensitas hujan yang mulai tinggi tiga hari terakhir. Hujan yang cukup deras itu berpotensi mengakibatkan banjir dan tanah longsor.

"Warga yang tinggal di daerah perbukitan dan daerah aliran sungai harus waspada jika terjadi curah hujan yang tinggi dengan waktu yang cukup lama," kata Sekretaris BPBD Sumbar Eliyusman di Padang, Selasa (3/11).
Menurutnya, hujan bisa memengaruhi pergerakan tanah yang memicu terjadinya longsor. Karena itu warga yang berada di daerah perbukitan harus mewaspadai curah hujan.

Sedangkan, warga yang berada di daerah aliran sungai menurutnya harus mewaspadai kemungkinan datangnya air bah dan banjir. "Kita tentu tidak menginginkan bencana terjadi, tetapi kewaspadaan tetap harus dijaga," katanya.

Sementara itu, Kasi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang, Budi Samiaji mengatakan tiga hari terakhir, hujan turun hampir di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar dan akan berlanjut beberapa hari ke depan. Rata-rata, potensi hujan ringan hingga lebat terjadi pada sore sampai malam hari.

Ia mengatakan potensi hujan ringan hingga sedang akan terjadi di Padang, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Kota Pariaman, Padangpanjang, Bukittinggi, sebagian Kabupaten Solok, Tanah Datar, Payakumbuh, Agam, dan sebagian Pasaman. Sementara, potensi hujan sedang hingga lebat akan melanda Pasaman Barat, Agam Tiku, Maninjau, Siberut.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA