Selasa 03 Nov 2015 07:26 WIB

Waspada, Osteoporosis Juga Bisa Serang Remaja

Rep: C04/ Red: Indira Rezkisari
Penting bagi remaja untuk memiliki gaya hidup aktif agar terhindar dari osteoporosis.
Foto: ist
Penting bagi remaja untuk memiliki gaya hidup aktif agar terhindar dari osteoporosis.

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak banyak yang tahu bahwa, ternyata tulang manusia memerlukan nutrisi dan vitamin agar kepadatannya tetap terjaga saat memasuki usia lanjut. Apabila hal ini tidak diperhatikan, maka kemungkinan besar tulang akan mengalami pengeroposan dan kerapuhan sehingga menyebabkan osteoporosis.

Osteoporosis sendiri merupakan penyakit tulang sistemik yang ditandai dengan penurunan kualitas dan kepadatan massa tulang, sehingga menyebabkan tulang menjadi rapuh dan menyebabkan terjadinya risiko patah tulang. Gejala osteoporosis sering diabaikan oleh pasien karena tidak ada gejala spesifik. Gejalanya dapat berupa nyeri pada tulang dan otot, terutama sering terjadi pada punggung.

Kondisi patah tulang ini umumnya terjadi pada tulang belakang, panggul atau pergelangan. Data dari WHO menunjukkan, meskipun prevelensinya lebih banyak terjadi pada wanita, akan tetapi pria juga dapat terkena osteoporosis.

Selain itu gaya  hidup sehat, olahraga yang cukup dan pengobatan osteoporosis bagi mereka yang berisiko tinggi juga dapat membantu dalam membentuk kesehatan tulang yang baik dan pencegahan osteoporosis. Hal tersebut juga disampaikan Spesialis Rehabilitasi Medik dari RS Spesialis Husada Utama Surabaya, dr. Indra Tjahjono, Sp.RM, menurutnya osteoporosis terjadi apabila kepadatan tulang seseorang menunjukkan angka -0,25.

’’Penyebab osteoporosis ini beragam, mulai dari faktor genetik, aktivitas, makanan, dan penyakit degeneratif yang memicu osteoporosis,’’ kata Indra, dalam acara yang diadakan Kalbe Ethical Customer Care (KECC) di Gedung Kesenian Cak Durasim Surabaya, beberapa waktu lalu.

Ia pun menambahkan bahwa osteoporosis merupakan masalah kesehatan dunia. Para penderitanya juga tak lagi hanya lansia, namun juga anak muda.

"Keyataannya saat ini banyak pasien usia 17 tahun sudah terkena osteoporosis. Minimnya olahraga dan gaya hidup yang tidak terkontrol dengan konsumsi makanan tidak sehat dan seimbang menjadi faktor penyebab utama,"ungkapnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement