Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Empat Pesohor yang Namanya Diabadikan dalam Sains

Selasa 03 Nov 2015 06:21 WIB

Rep: arsip republika/ Red: Dwi Murdaningsih

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Foto: REUTERS/Juan Medina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama-nama ilmuwan sering diabadikan dalam ilmu pengetahuan. Pengabadian nama ini umumnya dilakukan untuk mengenang jasa atau penemuan mereka. Sebut saja nama Newton yang diabadikan sebagai penemu gravitasi dalam Hukum Newton. Namun, kini beberapa pesohor juga diabadikan sebagai bagian dari ilmu pengetahuan meskipun mereka bukan seorang imuwan. Berikut beberapa catatannya:

1. Christiano Ronaldo dijadikan nama galaksi

Cristiano Ronaldo telah menjadi salah satu bintang sepak bola paling bersinar dalam beberapa tahun terakhir. Kebintangan Ronaldo di dunia membuat namanya dijadikan nama salah satu galaksi yang ditemukan oleh astronom. Astronom di Observatori Eropa Selatan menemukan galaksi baru yang diberi nama galaksi CR7, inisal nama Ronaldo beserta nomor punggung yang dikenakannya.

Galaksi CR7 ini secara resmi berada di kosmos Redshift 7, ukuran tempat tersebut dalam waktu kosmos. Astronom menggunakan nama CR7 karena terinspirasi oleh performa Ronaldo tersebut. Kebetulan, tim peneliti dipimpin oleh David Sobral, ilmuwan yang berasal dari Portugal, negara asal Ronaldo. Peneliti dari University of Lisabon itu ingin memberikan penghormatan kepada pemain internasional Portugal tersebut.

''CR7 tiga kali lebih terang dari galaksi paling terang yang berada jauh dari yang pernah dikenal hingga saat ini,'' kata Sobral seperti dilansir ESPN, Kamis (18/6) lalu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA