Jumat 30 Oct 2015 08:58 WIB

Dua Pebalap F1 Semangati Rossi

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Israr Itah
Valentino Rossi
Foto: REUTERS/Issei Kato
Valentino Rossi

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Dua pebalap F1, Sebastian Vettel dan Nico Rosberg memberikan dukungan mereka untuk jagoan Yamaha Movistar Valentino Rossi di final Grand Prix Valencia, 8 November mendatang. Di mata Vettel, Rossi melakukan hal yang benar saat balapan dengan Marc Marquez di Sepang akhir pekan lalu.

"Kupikir Rossi masih mempunyai kesempatan di final. Dia tumbuh dan besar di sirkuit balap. Meski balapan final nanti terkesan memaksanya menyerah, dia akan tetap berjuang dengan segenap kekuatannya. Kupikir dia melakukan hal yang benar di Malaysia. Aku tahu, Jorge dan Marc juga sedikit..., tapi pada dasarnya mereka adalah orang-orang yang sangat baik. Kupikir Valentino melakukan apa yang seharusnya dilakukan," kata Vettel, dilansir dari Crash, Jumat (30/10).

Rosberg mengunggah sebuah foto sebagai bentuk dukungan untuk Rossi di akun Twitter-nya. Pekan ini, Rosberg juga menjadi pebalap kontroversial menyusul bentrokan dengan Lewis Hamilton di Amerika Serikat.

"Sebagai pebalap, aku memiliki pengetahuan sangat baik soal ini di kepalaku, tapi aku tak ingin berkomentar panjang. Rekaman balapan (di Sepang) waktu itu sudah menunjukkan semuanya secara rinci dan publik bisa menganalisanya. Tidak jelas apa yang sebenarnya terjadi, namun tentu sangat disayangkan Marquez sedikit berperilaku kurang baik," katanya.

Berbeda dengan dua rekannya, pebalap F1 lainnya, Felipe Massa mendukung Marquez. Menurutnya, aksi Rossi adalah satu kesalahan besar, meski pebalap Italia itu masih bisa mengikuti final di Valencia.

"Aku ini penggemar berat Valentino, tapi dia melakukan kesalahan. Aku mengerti ada yang mengganggunya, namun insiden di tikungan dan gerakan kakinya itu adalah kesalahan," kata Massa.

Meski demikian, Massa menilai Rossi masih memiliki harapan untuk menang atas Jorge Lorenzo di Valencia. Rossi saat ini masih unggul tujuh poin atau 312 poin atas Lorenzo. Keduanya akan memperebutkan 25 poin terakhir di final Spanyol nanti.

(Baca juga: Ayah Marco Simoncelli Dukung Rossi)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement