Senin 26 Oct 2015 05:16 WIB

Turunkan Risiko Kanker Payudara dengan Gaya Hidup Sehat

Rep: C04/ Red: Winda Destiana Putri
Risiko kanker payudara bisa berkurang sekitar 10-12 persen jika seseorang bisa rutin berlari selama 20-60 menit setiap minggu.
Foto: Republika/Prayogi
Risiko kanker payudara bisa berkurang sekitar 10-12 persen jika seseorang bisa rutin berlari selama 20-60 menit setiap minggu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika kita memiliki kebiasaan dengan gaya hidup yang tidak sehat, tentu dapat mengakibatkan pelbagai macam penyakit.

Salah satunya tak lain adalah kanker payudara, untuk itu menurut Dr. Alfiah Amiruddin, MD, MS penting untuk kita menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari bahaya kanker tersebut, diantaranya adalah dengan cara sebagai berikut:

 

Hindari alkohol

Menghindari konsumsi alkohol, menurut penelitian kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol meningkatkan resiko kanker payudara sebesar 11 persen. Para peneliti juga tak jarang banyak yang menyarankan agar menghindari menu-menu junk food dengan jumlah lemak yang tidak terkontrol.

Olahraga rutin

Rutin berolahraga ringan, dengan melakukan kegiatan ini selain dapat membakar lemak-lemak jahat di dalam tubuh juga dapat membuat tubuh sehat dan bugar.

Kurangi konsumsi lemak

Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak, karena lemak-lemak tersebut akan mengendap di dalam tubuh. Sehingga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker.

Tidak merokok

Tidak merokok, karena seperti yang telah kita ketahui zat adiktif yang ada di dalam rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit, diantaranya tak lain adalah kanker.

Mengonsumsi makanan gizi seimbang

Mengonsumsi makanan dengan nilai gizi seimbang setiap harinya, yang terdiri dari sayur, buah dan makanan pendukung lain seperti susu dan kacang-kacangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement