Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Guru Harus Membuat Soal dengan Benar

Ahad 25 Oct 2015 06:57 WIB

Red: Irwan Kelana

Suasana pelatihan Evaluasi Hasil Belajar yang diikuti guru-guru SMP Bina Insani di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (24/10).

Suasana pelatihan Evaluasi Hasil Belajar yang diikuti guru-guru SMP Bina Insani di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (24/10).

Foto: Irwan Kelana/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Para guru harus membuat soal secara benar. “Hal ini sangat penting agar hasil ujian betul-betul menggambarkan kompetensi siswa,” ujar Kepala SMP Bina Insani Lies Rachmawati di Bogor, Jawa  Barat, Sabtu (24/10).

Terkait hal tersebut, kata Lies, SMP Bina Insani mengadakan pelatihan tentang Evaluasi Hasil Belajar untuk para guru SMP Bina Insani. Baik program reguler maupun internasional. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, yakni Sabtu (24/10) dan Senin (26/10).

“Pelatihan menampilkan dua narasumber yang merupakan instruktur nasional, yakni Dedi Suryana MPd dari Bogor dan Santi Kurnia MPd dari Bandung,” ujar Lies.

Melalui pelatihan tersebut, kata Lies, setiap soal yang dibuat oleh guru akan dianalisis secara kualitatif maupun kuantitatif.  Termasuk di dalamnya analisis terhadap materi, konstruksi, bahasa dan jenjang tingkat kesulitan.

Kalau ada soal-soal yang salah, maka harus diperbaiki dulu sesuai analisis kualitatif maupun kuantitatif tersebut. “Setelah soal-soal tersebut lulus analisis kualitatif maupun kuantitatif, barulah soal-soal tersebut dimasukkan ke dalam bank soal,” papar Lies.

Lies mengemukakan, pelatihan tersebut sangat penting untuk meningkatkan kompetensi guru SMP Bina Insani. “Selain itu, tidak kalah pentingnya, meningkatkan mutu soal yang dibuat di SMP Bina Insani, agar bisa memberikan informasi yang benar tepat mengenai kompetensi siswa,”  tutur Lies Rachmawati.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA