Ahad 18 Oct 2015 21:56 WIB

Presiden Harus Beradaptasi dengan Cepat

Rep: c27/ Red: Joko Sadewo
Presiden Jokowi.
Foto: Antara
Presiden Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kinerja satu tahun Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuai kekecewaan dari kalangan masyarakat. Terlihat dari hasil survei yang menunjukan presentase kekecewaan yang cukup besar terhadap pemerintahan Jokowi.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Abdul Gafar Usman mengatakan, bahwa menurunnya kepercayaan rakyat kepada pemerintah tidak hanya didasari pada kekecewaan kepemimpinan Jokowi semata. Faktor lain adalah kinerja kementerian-kementerian dalam pemerintahan presiden.

Ia memaklumi jika memang masih banyak kesalahan. Menurutnya, semua hal memerlukan adaptasi, termasuk juga presiden dan menteri-menteri pendukungnya. "Menurut saya pengadaptasian itu wajar-wajar saja namun dari segi normatif bisa lebih cepat lagi," ungkap anggota DPD perwakilan Riau saat diskusi  Forum Senator untuk Rakyat di Jakarta, Ahad (18/10).

Kinerja Jokowi dinilai sudah cukup terlihat, terutama komitmen yang ditunjukan memang terasa baik. Hanya saja, lanjut dia, tidak bisa dipungkiri kalau Jokowi dan beberapa menterinya membutuhkan waktu lebih panjang untuk beradaptasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement